Perlindungan Tepat untuk Kulit Sehat, Tak Perlu Takut Paparan Matahari

KULIT sehat bisa kamu dapatkan tanpa takut sinar matahari, asal dengan perlindungan yang tepat. Kuncinya adalah menangkal faktor yang dapat merusak kulit tubuh, termasuk efek buruk sinar ultraviolet dari matahari dan zat berbahaya dari polusi maupun bahan kimia yang digunakan sehari-hari.

Laman Alodokter melansir, rutin aktivitas di bawah terik sinar matahari bisa membuat kulit wajah dan tubuh menjadi gelap atau belang. Selain itu, paparan sinar matahari juga menyebabkan penuaan dini yang ditandai dengan kulit kendur dan keriput.

Selain keriput, efek dari sinar ultraviolet (UV) dari matahari juga bisa menyebabkan flek hitam, kulit kering bersisik, dan parahnya dapat menyebabkan kanker kulit. Kulit juga akan menjadi lebih sensitif dan daya tahannya berkurang, sehingga lebih rentan terhadap efek polusi maupun bahan kimia yang digunakan sehari-hari.

Baca juga:

Cara Mencegah Penuaan Dini Tanpa Rangkaian Skincare

Selektif dalam memilih lotion, perhatikan kandungannya untuk melindungi kulitmu. (Pexels/moose photos)

Kamu wajib tahu agar kulitmu sehat tanpa takut matahari, sebaiknya kamu hindari hal-hal yang dapat merusak kondisi dan daya tahan kulit. Selain itu, sejak saat ini diperlukan juga perlindungan maksimal terhadap sinar UV. Cara paling simpel dan efektif untuk mendapatkan perlindungan adalah rutin menggunakan lotion kulit dengan kandungan yang baik dan tepat.

Baca juga:  Pemain Diablo 4 dapat bernapas - tidak perlu mencapai level 100 untuk menyelesaikan battle pass

Ada beberapa hal yang membuat rusaknya kulit. Seperti, sinar UV, Polusi, Asap rokok, bahan kimia, pengelupasan kulit berlebihan, cuaca yang terlalu panas dan udara yang sangat kering. Oleh karena itu, perlu kamu tahu cara mendapatkan manfaat sinar matahari bagi tubuh tetapi tetap menjaga kulit dari kerusakan.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan dengan menghindari paparan sinar matahari langsung mulai pukul 10 pagi hingga jam 4 sore. Jika kamu keluar kamu bisa menggunakan payung atau baju berlengan panjang agar kulit tidak gosong terbakar sinar matahari.

Baca juga:

Skincare Korea Terbaik Menurut Pakar

Gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit. (Foto: Pixabay/photosforyou)

Kamu juga wajib mengoleskan lotion yang bisa melembapkan kulit sekaligus menjadi sunscreen atau pelindung kulit dari sinar matahari. Agar kamu tidak sia-sia pentingnya kamu selektif dalam memilih lotion atau pun sunscreen.

Simak beberapa bahan yang perlu ada di dalam kandungan lotion yang akan kamu beli. Pertama, glutaglow yang berfungsi mestimulasi pembentukan glutathione alami dalam kulit. Kedua niacinamide, yaitu vitamin yang dikenal untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit sehat.

Baca juga:  Menangkan pengontrol kustom Company of Heroes 3 untuk Xbox Series X|S (Kompetisi Inggris)

Berikutnya adalah antioksidan, kandungan antioksidan dalam lotion bertujuan memberikan efek menenangkan pada kulit, kandungan ini cocok untuk kulit kamu yang sensitif dan rentan iritasi. Teraakhir titanium dioksida, kandungan didalamnya berfungsi menghalau bahaya sinar matahari. (zvw)

Baca juga:

Wajib Punya nih, Skincare Trend di 2023



Source link