Gadget  

Perlahan Meninggalkan China, Apple Mulai Produksi iPhone 15 di India

California, Gizmologi – Terhitung setidaknya sebulan lagi Apple bakal meluncurkan iPhone 15 series. Lalu bagaimana persiapannya?

Seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (17/8/2023), Apple dikabarkan telah menjalankan produksi iPhone 15 melalui pabrik Foxconn yang ada di Sriprumbudur, India. Lho, bukankah biasanya produksi iPhone di China?

Sebenarnya Apple sendiri masih memproduksi seri iPhone terbaru tersebut di Negeri Tirai Bambu tersebut. Namun frekuensinya tampak mulai diturunkan.

Kabarnya, setelah beberapa minggu iPhone 15 buatan China beredar di pasaran, Apple bakal melanjutkan pengiriman ponsel tersebut dari pabrik yang ada di India. Strategi ini tampaknya sudah menjadi tujuan dari perusahaan tersebut di tahun 2023.

Memang bukan rahasia lagi, jika Apple sedang berusaha memindahkan produksi iPhone dan perangkat lainnya dari China. Perusahaan Amerika Serikat ini benar-benar seperti ingin hengkang sepenuhnya dari negara tersebut.

Bahkan, Apple sudah mengisyaratkan hal ini jika sewaktu-waktu terjadi perang antara China dan Amerika Serikat. India dan Vietnam adalah dua negara yang dijadikan alternatif tempat memproduksi perangkat buatannya.

Baca juga:  MacBook Air 15,5 Inci Dikabarkan akan Rilis Tahun 2023

Pada April lalu, untuk pertama kalinya Apple diketahui memproduksi iPhone non-Pro di India dan China secara bersamaan. Hal ini seperti diungkapkan analis dari TF International, Ming-Chi Kuo yang sering mengamati perkembangan Apple.

“Jadwal produksi massal iPhone 14 di India masih sekitar enam minggu di belakang China, tapi kesenjangannya sudah meningkat secara signifikan,” ujarnya.

Produksi iPhone 15 akan Didominasi India

Dengan dimulainya produksi iPhone 15, maka kesenjangan tersebut kabarnya bakal hilang, di mana nantinya produksi akan berlangsung penuh di India. Sebelum iPhone 14, produksi lebih banyak dilakukan di China selama 6-9 bulan.

Pada akhir Maret lalu, Apple telah memproduksi sekitar 7% iPhone di India dari pabrik Foxcoon dan Pegatron. Jika dirinci dalam hitungan dolar Amerika Serikat, produksi tersebut senilai US$7 miliar dan Apple telah melipatgandakan nilai produksinya selama tahun fiskal sebelumnya.

Apple mulai menggencarkan produksi iPhone terbaru di India melalui pabrik Wistron yang kini dimiliki oleh Tata Group, sebuah perusahaan raksasa asal India yang terkenal secara global.

Baca juga:  Esemka Bima EV Mejeng di IIMS, Harga Mulai Rp530 Juta

Sementara itu, India sendiri dikenal sebagai pasar smartphone terbesar kedua di dunia setelah China. Negara ini tampaknya sedang berbenah dan mengubah diri menjadi pusat manufaktur global.

Baca juga: iPhone 15 Bakal Meluncur 13 September dengan Bezel Tipis

Sebelumnya, Apple telah membuka Apple Store pertamanya di India pada bulan April. Dari situ pihaknya menyadara bahwa negara tersebut tidak hanya sebagai pasar ritel yang penting untuk iPhone, tetapi juga basis penting untuk produksi perangkat.

Nah, dengan penguasaan perangkat Android yang mencapai 95% di India, apakah kehadiran iPhone made in India bakal menciutkan jumlah tersebut? Kita lihat saja nanti.