Pergantian Kepala Bulog Disinggung di MK, Budi Waseso Bilang Tak Ada Permasalahan

Pergantian Kepala Bulog Disinggung pada MK, Budi Waseso Bilang Tak Ada Permasalahan

JakartaPurnawirawan Polri Budi Waseso mengklaim tidak ada ada hambatan tentang pergantian kedudukan Direktur Utama Perum Bulog yang dimaksud dijabatnya pada 2018-2023. Buwas, sapaan akrab Budi, mengungkapkan beliau juga bukan pernah menolak arahan dari presiden mengenai bantuan sosial bansos.

Pergantian kepemimpinan Bulog disinggung di sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang dijalankan ke Mahkamah Konstitusi, di Gedung MK kawasan DKI Jakarta Pusat, pada Jumat, 5 April 2024. Hakim konstitusi Arief Hidayat mempertanyakan alasan Buwas diganti Wakil Menteri Perdagangan 2011-2014 Bayu Krisnamurthi dalam sedang masa kritis.

“Ada apa dalam balik itu? Kita ingin mengerti dikarenakan ini dapat disebut hambatan cawe-cawe,” kata Arief.

Ketika ditemui di kesempatan terpisah dalam Istana Kepresidenan Jakarta, Buwas memaparkan pergantian ke jajaran membesar Bulog merupakan hal yang digunakan biasa. Eks Kepala Badan Narkotika Nasional ini mengatakan juga sudah ada mengisi jabatan itu selama lima tahun seperti menteri.

“Kalau pimpinan siapa pun mengungkapkan ganti ya diganti, nggak ada masalah,” kata Buwas.

Baca juga:  Bansos Tahap 2 Sedang Disiapkan, Pemkab Pangandaran Gandeng Bulog

Budi kemudian menjelaskan ketika menjabat beliau juga tidak ada pernah menolak bansos sebab itu merupakan acara pemerintah. Dia menekankan bahwa beras bulog merupakan beras pemerintah.

“Jadi kalau pemerintah atau negara ini mau menggunakan beras itu saya tugasnya semata-mata menyalurkan,” kata Buwas.

Isu bansos berubah menjadi salah satuyang  disorot pada permohonan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada pengajuan gugatan sengketa pilpres di MK.

Hari ini MK memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Orang lalu Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator bidang perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga Menteri Sosial Tri Rismaharini. Para menteri menjelaskan rute pembuatan kebijakan bantuan sosial mulai dari penentuan hingga penganggaran, hingga penyaluran.


Artikel ini disadur dari Pergantian Kepala Bulog Disinggung di MK, Budi Waseso Bilang Tak Ada Masalah