Perdana Menteri Malaysia Tiba di Labuan Bajo Jelang KTT ASEAN

MerahPutih.com – Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim tiba di Labuan Bajo jelang KTT ke-42 Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

PM Anwar didampingi istrinya, Wan Azizah Wan Ismail, tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, NTT, Selasa (9/5), dan diterima Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga

Timor-Leste menghadiri KTT ASEAN untuk pertama kalinya

Selain menghadiri KTT, Anwar juga diperkirakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa.

Anwar juga akan memimpin 15th East Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Filippines ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) di sela-sela KTT ASEAN.

Sebelumnya, beberapa pemimpin negara ASEAN tiba di Labuan Bajo untuk KTT ke-42. Pesertanya adalah Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Laos Phankham Viphavanh dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr.

KTT ASEAN ke-42 akan dihadiri oleh delapan pemimpin negara anggota ditambah Timor-Leste yang untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam KTT organisasi regional tersebut.

Baca juga

Puan Maharani mengajukan pertanyaan tentang pekerja migran di KTT ASEAN

Perdana Menteri Thailand tidak akan hadir mengingat pemilu di Thailand akan dilaksanakan pada 14 Mei, oleh karena itu akan diwakili oleh Wakil Perdana Menteri Don Pramudwinai. Sementara itu, Myanmar belum diundang ke KTT ASEAN.

Baca juga:  Jelang Ramadan Harga Pangan Harus Stabil

Indonesia akan menjabat sebagai presiden ASEAN pada 2023 setelah sebelumnya menerima tongkat estafet kepemimpinan dari Kamboja. KTT ASEAN ke-42 akan diselenggarakan di Labuan Bajo pada 9 hingga 11 Mei 2023.

Dalam kepresidenannya di ASEAN, Indonesia mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, yang artinya ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan dunia.

Indonesia juga akan memperkuat kapasitas dan efektivitas lembaga-lembaga ASEAN agar mampu menjawab tantangan 20 tahun ke depan.

Baca juga

Tidak ada penutupan jalan permanen selama KTT ASEAN di Labuan Bajo



Source link