Penyebab Ban Benjol, Ini Cara Mengatasinya!

KabarOto.com – Ban bocor tentu sangat mengkhawatirkan. Selain membuat berkendara tidak nyaman, juga berbahaya dari segi keselamatan.

Penyebab utama ban mobil mogok adalah tekanan ban yang kurang, serta terbentur benda keras seperti batu, trotoar, atau lubang. Benturan yang keras ini akan menyebabkan dinding ban menjadi bengkok, tersangkut di antara pelek dan permukaan jalan secara tiba-tiba, dan kemudian sabuk pada dinding ban putus.

“Jangan pernah mengabaikan tekanan angin ban mobil, meski jarang digunakan. Tekanan udara yang tidak standar menyebabkan berkurangnya kenyamanan dan risiko keselamatan berkendara,” ujar Nur Imansyah Tara, Kepala Divisi Bisnis Aftermarket Auto2000.


Tonjolan atau tonjolan pada dinding ban tidak langsung muncul saat tekanan angin ban masih rendah. Saat tekanan udara ban meningkat, udara mengisi rongga tempat benang putus dan muncul tonjolan di dinding ban.

Perawatan ban mobil dilakukan secara rutin

Pengendara akan merasa seperti melewati jalan bergelombang terus menerus ketika salah satu bannya bergelombang. Ketahanan ban juga berkurang karena benang penahannya putus, cukup riskan jika terbentur benda keras lagi atau menahan beban mobil saat terisi penuh.

Baca juga:  Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti: Ayah Sebagai Batu Loncatan Anak

Dalam jangka panjang, permukaan luar dinding ban bisa robek. Akibatnya akan timbul karat yang semakin merusak dinding ban. Ban dapat meledak kapan saja saat mengalami tekanan kerja yang berat.

Baca juga: Tips Memilih Lampu LED untuk Mobil atau Motor

Tipsnya sederhana, yakni menjaga tekanan angin ban sesuai anjuran pabrikan. Karena jika tekanan angin ban rendah dapat menyebabkan keausan ban pada kedua sisi di bagian luar, flywheel berat sehingga ban membengkak saat membentur benda keras.

Usahakan untuk mengecek tekanan udara ban mobil Anda minimal seminggu sekali sesuai anjuran. Termasuk melakukan revisi berkala di bengkel untuk pengecekan dan perawatan ban mobil.

Bagaimana jika salah satu ban mobil ada gumpalan di dindingnya? Langkah terbaik adalah menggantinya dengan ban baru. Dinding ban yang rusak tidak dapat diperbaiki.