Penting Cek Security Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran, Apa yang tersebut Wajib Diperiksa?

Penting Cek Security Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran, Apa yang yang dimaksud Wajib Diperiksa?

Jakarta – Mudik Lebaran berubah jadi tradisi tahunan bagi sejumlah penduduk di dalam Indonesia. Momen ini dimanfaatkan untuk berkumpul sama-sama keluarga pada kampung halaman. Namun, perjalanan mudik yang panjang serta melelahkan, teristimewa dengan kendaraan pribadi, dapat meningkatkan risiko kecelakaan apabila tidak ada dipersiapkan dengan matang.

Salah satu langkah penting di persiapan mudik adalah menegaskan keadaan kendaraan prima. Memeriksa kendaraan secara menyeluruh sebelum berangkat dapat membantu mengurangi kecacatan dalam sedang jalan, yang dimaksud dapat membahayakan keselamatan juga mengganggu kelancaran perjalanan.

Dilansir dari Auto 2000, berikut beberapa alasan mengapa penting untuk memeriksa kendaraan sebelum mudik:

1. Keselamatan: Kendaraan yang digunakan bukan terawat dengan baik lebih lanjut rentan mengalami kerusakan, seperti ban bocor, rem blong, atau mesin mati. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan pada jalan, yang digunakan dapat membahayakan pengemudi, penumpang, serta pengguna jalan lainnya.

2. Kenyamanan: Perjalanan mudik yang panjang akan terasa tambahan aman jikalau kendaraan di kondisi prima. Kendaraan yang digunakan tiada terawat dengan baik dapat menghasilkan perjalanan berubah jadi tidak ada enak kemudian melelahkan, teristimewa jikalau terjadi kehancuran pada sedang jalan.

3. Menghemat Biaya: Mencegah kehancuran pada sedang jalan dapat menghemat biaya yang dimaksud lebih besar besar dibandingkan dengan biaya perbaikan yang kemungkinan besar timbul apabila terbentuk kerusakan. Biaya derek, evakuasi, lalu perbaikan kendaraan di dalam posisi yang digunakan sangat jauh dari tempat tinggal mampu sangat jauh lebih lanjut mahal.

Baca juga:  Bela Sopir Bus yang Kecelakaan di Guci, Hotman Paris: Apakah Sopir Wajib Teliti Medan?

4. Kelancaran Perjalanan: Memeriksa kendaraan sebelum mudik dapat membantu meyakinkan kelancaran perjalanan. Kerusakan di berada dalam jalan dapat menyebabkan keterlambatan atau bahkan terhentinya perjalanan mudik, yang dimaksud tentunya tak diinginkan.

Berikut beberapa hal yang dimaksud wajib diperiksa pada kendaraan sebelum mudik:

  • Oli mesin serta oli transmisi: Pastikan oli mesin lalu oli transmisi di keadaan baik juga sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

  • Ban: Periksa kondisi ban, satu di antaranya tekanan angin, tingkat keausan, serta situasi karet ban. Pastikan ban pada keadaan baik juga tak ada kerusakan.

  • Rem: Periksa kondisi rem, diantaranya kampas rem, minyak rem, juga fungsi pengereman. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan juga tiada ada kebocoran minyak rem.

  • Aki: Periksa keadaan aki, salah satunya voltase kemudian terminal aki. Pastikan aki pada keadaan baik lalu tidak ada harus diganti.

  • Lampu: Periksa kondisi semua lampu, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu sein, serta lampu rem. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik dan juga tak ada yang tersebut mati.

  • Air radiator: Periksa status air radiator juga pastikan air radiator terisi penuh kemudian tiada ada kebocoran.

  • Sistem kelistrikan: Periksa kondisi sistem kelistrikan kendaraan, diantaranya kabel, sekring, dan juga relay. Pastikan tidaklah ada kecacatan pada sistem kelistrikan.
Baca juga:  Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan di Nganjuk

Selain pemeriksaan fisik kendaraan, penting juga untuk mengakibatkan kelengkapan kendaraan yang diperlukan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), juga kartu asuransi kendaraan.

Memeriksa kendaraan secara menyeluruh sebelum mudik merupakan langkah penting untuk meyakinkan keselamatan, kenyamanan, lalu kelancaran perjalanan. Dengan persiapan yang dimaksud matang, Anda dapat menikmati momen mudik Lebaran dengan tenang serta aman dengan keluarga tercinta.

Posko lalu bengkel siaga sepanjang lajur mudik

Auto2000 telah lama menyiapkan 9 Posko Siaga kemudian 115 Bengkel Siaga untuk memenuhi keperluan perawatan serta perbaikan mobil Toyota AutoFamily selama periode mudik Lebaran 2024. Posko mudik lalu Bengkel Siaga ini tersebar pada berubah-ubah jalur mudik dari 4 hingga 15 April 2024.

Posko Siaga Auto2000 akan beroperasi selama 24 jam non-stop lalu tersebar mulai dari Sumatra Utara hingga Bali. Mereka akan menyediakan layanan servis berkala, ganti oli, juga perbaikan kendaraan ringan dengan waktu pengerjaan di dalam bawah 2 jam. Sedangkan untuk permasalahan perbaikan mobil yang lebih besar serius, disarankan untuk menyebabkan mobil ke bengkel Auto2000 terdekat.

Baca juga:  Latih Respon Berkendara Agar Terhindar dari Kecelakaan Fatal

Bengkel Siaga Auto2000 tersebar di dalam beragam wilayah dalam Tanah Air serta akan membuka mulai tanggal 4 hingga 5 April 2024, juga banyak bengkel akan tetap menerbitkan pada tanggal 10-11 April 2024. Selama cuti bersatu tanggal 8-15 April 2024, total 115 bengkel siaga akan menerbitkan dalam seluruh Indonesia dengan jam operasional dari pukul 08.00 sampai 16.00. Bengkel siaga ini akan melayani perawatan lalu perbaikan berat tanpa biaya tambahan jasa lalu suku cadang.

Pelanggan dapat melakukan pemesanan layanan servis melalui laman Auto2000 untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal. Selain itu, posko lalu bengkel siaga ini dilengkapi dengan infrastruktur ruang istirahat ber-AC dengan WiFi gratis, TV satelit, makanan lalu minuman ringan, dan juga kursi pijat otomatis untuk kenyamanan pelanggan.

MICHELLE GABRIELA I  DICKY KURNIAWAN

Artikel ini disadur dari Penting Cek Keamanan Kendaraan Sebelum Mudik Lebaran, Apa yang Wajib Diperiksa?