Pengamat nilai mobil LCGC lalu listrik masih jadi pilihan pada tahun 2024

Pengamat nilai mobil LCGC lalu listrik masih jadi pilihan pada tahun 2024

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta (ANTARA) – Pengamat Otomotif LPEM Universitas Indonesia Riyanto menilai mobil segmen low cost green car (LCGC) dan juga kendaraan listrik masih akan menjadi pilihan penduduk pada tahun ini.

"Mobil LCGC masih diminati, khususnya untuk pemilik mobil pertama dengan dana tidak ada besar. Mobil segmen ini menyasar kalangan muda dan juga keluarga muda," kata Riyanto pada waktu dihubungi, Selasa.

Di berada dalam tantangan ketidakpastian ekonomi baik nasional maupun global, sektor otomotif masih dapat bernapas lega menyusul tren konsumsi publik Indonesia yang digunakan masih tinggi.

Selain lantaran tren baru, faktor kendaraan sebagai penunjang utama mobilitas warga menjadi alasan transaksi jual beli kendaraan yang dimaksud masih tinggi di tempat Indonesia.

Menurut data Federasi Otomotif ASEAN (AAF), Indonesia menduduki kedudukan tertinggi di jualan kendaraan dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya.

Baca juga: Akan dirakit lokal, mobil listrik Citroen berpotensi turun harga

Baca juga: Tesla janjikan kendaraan listrik terobosan baru 2025

Penjualan kendaraan domestik mencapai 836.048 unit penjualan, melintasi Thailand di tempat 645.833 jualan unit pada urutan kedua.

Baca juga:  Penggunaan Tenaga Surya untuk Mobil Listrik Bantu Kurangi Emisi Karbon

Riyanto mengatakan, tren perdagangan kendaraan yang digunakan positif yang disebutkan salah satunya disebabkan dikarenakan warga meninjau kendaraan masih sebagai sebuah keperluan penunjang aktivitas sehari-hari.

"Kelompok dengan kegiatan ekonomi mampu akan masih membeli mobil baru,” kata Riyanto.

Mobil segmen LCGC dinilainya masih tetap memperlihatkan akan dilirik oleh sebab itu faktor ekonomis kemudian efisiensi bagi konsumen. Ketersediaan mobil LCGC, kata dia, menjadi pilihan bagi konsumen yang tersebut berada dalam berhemat.

Mereka mampu mendapatkan kendaraan yang mana sesuai dengan keinginan meskipun harus mengorbankan kenyamanan dan juga juga kualitas mobil yang tersebut biasa didapatkan pada mobil yang tersebut tambahan mahal.

“Saya rasa pada tahun 2024, jumlah keseluruhan mobil LCGC masih menjadi pilihan bagi warga yang dimaksud mementingkan fungsionalitas," ucapnya.

Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), mobil segmen LCGC menempati kedudukan kedua juga ketiga sebagai mobil terlaris pada tahun 2023.

Baca juga: SUV listrik New MG ZS EV pasang banderol Rp453 juta

Adapun lima mobil LCGC terlaris pada tahun 2023 kemarin antara lain Daihatsu Sigra, Honda Brio, Toyota Calya, Toyota Agya, serta Daihatsu Ayla.

Baca juga:  Resmi, BYD akan miliki pabrik di dalam Hongaria

Sementara itu, opsi kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik pun diprediksi akan semakin diminati oleh publik dalam tahun 2024 ini.

Riyanto menyatakan minat konsumen semakin meningkat sebab dukungan dari berbagai macam pihak seperti pemerintah, produsen otomotif, lalu juga sektor lainnya.

“Sekarang kan sudah ada berbagai produsen mobil listrik yang masuk di area lingkungan ekonomi Indonesia dan juga ada juga yang dimaksud akan merancang fasilitasnya di dalam sini. Menurut saya hal itu akan menimbulkan harganya bisa saja jadi lebih besar terjangkau," ujar dia.

Dia juga menambahkan bahwa fenomena mobil listrik ini didorong oleh semakin banyaknya publik yang digunakan penasaran dengan teknologi listrik yang ramah lingkungan.

Pada Februari mendatang, konsumen Indonesia akan kembali dimanja dengan berbagai produk-produk dari jenama-jenama otomotif terkemuka melalui event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk hadir sebagai mitra bank bersatu Adira Finance sebagai mitra multi pembayaran, yang mana didukung oleh MUFG untuk membantu konsumen Indonesia untuk mendapatkan kendaraan impian.

Baca juga:  Volvo EX90 Diumumkan Menjadi Model Teraman: Inilah Tampilan Pertama SUV Listrik

“Sesuai dengan komitmen Danamon untuk meningkat dengan juga hadir di area setiap langkah dan juga tahap hidup nasabah, kami kembali hadir di tempat IIMS 2024 dengan Adira Finance kemudian MUFG untuk membantu warga agar mampu mempunyai kendaraan impian dia di area berada dalam kondisi sektor ekonomi yang digunakan menantang ini dengan menawarkan berbagai promo dan juga inisiatif pembiayaan spesial,” kata Consumer Funding and Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk Ivan Jaya.

Baca juga: Menjajal rasa berkendara BYD Atto 3, mobil listrik beperforma ciamik

Baca juga: Elon Musk hadapi tantangan bursa mobil listrik di area Jepang

Baca juga: Indikator penting yang digunakan perlu dipahami di tempat mobil listrik NETA V

Sumber Antaranews