Pemkab Pangandaran Besuk 29 ODGJ yang Dirawat di Rumah Sakit Jiwa, Bogor

  • Bagikan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Sekertaris Daerah bagian Kesejahteraan Sosial, Dinas Kesehatan bidang PTM keswa dan 2 orang Staf lainya, bertandang menyambangi RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, Kamis (15/4/2021).

Kehadirannya juga melakukan Silaturahmi dan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Jiwa, sekaligus menjenguk ke-29 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang sedang menjalani perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di RSJMM, sejak dilaksanakannya kegiatan Pemeriksaan dan Evakuasi Masal ODGJ Berat se-Kab.Pangandaran ke RSJMM, Tgl. 25 Maret 2021, bulan yang lalu.

Kunjungan dari Kab.Pangandaran diterima Direksi RSJMM di Ruang Rapat Papandayan Lantai 2 Gedung Kantor Pusat Pelayanan Administrasi (KPPA) RSJMM Jl.Dr.Sumeru No.114 Bogor 16111, yang di dampingi oleh Kepala bidang penunjang, Kepala seksi penunjang non medis dan Kepala Instalasi PKRS, beserta staf.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Koordinator Lintas Sektor dan Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, memimpin acara penerimaan dengan serangkaian kegiatan yang telah disiapkan.

Dr.Fidiansjah, Sp.KJ, M.P.H., sebagai Direktur Utama RSJMM, menyambut baik kedatangan perwakilan dari Pemkab Pangandaran dan mengajak untuk lebih fokus kepada penanganan ODGJ paska rawat RSJMM,

“Terimakasih atas kunjunganya, ini sebuah awal yang baik, dimana pasien paska rawat harus mendapat tindak lanjut, kami punya layanan day care untuk kemandirian dan produktifitas pasien”.

dr. Rahmi Handayani, Sp.KJ, MARS., sebagai Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang, memberikan pemaparan terkait layanan kesehatan jiwa,

“Bahwa pelayanan kesehatan jiwa yang kami lakukan harus bisa dilanjutkan di tingkat puskesmas dengan adanya penyesuaian obat dan pendampingan minum obat ditingkat keluarga”.

Penjelasan terkait ketersediaan obat juga di dipertegas oleh Evi Nursafinah, S.E., M.P.H., sebagai Direktur Keuangan, Perencanaan dan BMN, dan I Ketut Sudiatmika, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J., sebagai Kepala Instalasi PKRS RSJMM.

Zenal Aripin, S.Pd.I., sebagai Kasubag Kesejahtraan Sosial Setda Kab.Pangandaran dan Tirana Nugraha, SKM., sebagai Programer Keswa Dinas Kesehatan, mengucapkan terimakasih atas penerimaan dari RSJMM serta evakuasi dan perawatan terhadap ODGJ yang berasal dari Kab.Pangandaran,

“Terimakasih atas sambutan yang luar biasa ini dan terimakasih juga atas kegiatan evakuasi serta perawatan terhadap 29 ODGJ yang berasal dari Pangandaran yang direncanakan akan pulang hari senin depan,” ungkapnya.

Ucapan terimakasih juga sebaliknya disampaikan oleh Heru Tri Subagyo, S.Sos, M.M.,

Sebagai Direktur SDM, Pendidikan dan Umum, serta Ahmad Eru Saprudin, S.Kp. M.Kep. Sp.Kom, sebagai Kepala Bidang Penunjang, kepada Tim dari Kab. Pangandaran atas kunjunganya ke RSJMM.

Selanjutnya tim dari Pemkab Pangandaran didampingi oleh petugas melakukan Hospital Tour ke ruang rawat 29 pasien yang berasal dari pangandaran, yang disambut dengan suka cita oleh beberapa pasien.

Pertemuan dengan para pasien secara langsung ini, tetap menerapkan protokol kesehatan seperti tetap memakai masker, hand sanitizer dan menjaga jarak.

Kunjungan diakhiri dengan mengunjungi aset Kemenkes yang dikelola oleh RSJMM berupa lapangan golf sekaligus melihat pemberdayaan produktifitas rehabilitan ODGJ yang sudah pulih dengan membuat stand “Kafe Kepompong” sebagai sarana promosi dan penjualan hasil karya rehabilitan pasien Day Care dari Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSJMM.***

  • Bagikan