BERITA  

Pelari Luar Negeri Siap Ramaikan Jabar Internasional Marathon di Pangandaran

PANGANDARAN, (SP) – Kabupaten Pangandaran, akan menjadi tuan rumah ajang Jabar International Marathon 2019. Kegiatan lari yang digelar Pemprov Jabar ini akan digabung dengan promosi pariwisata.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, pariwisata merupakan bisnis kegembiraan dan Pangandaran menjadi lokasi strategis untuk mengembangkan wisata olahraga, wisata belanja, dan wisata alam.

“Pangandaran ini bisa jadi primadona. Pangandaran yang luar biasa harus diekspos dalam rangka mengenalkan potensi daerah dan mempromosikan Pangandaran,” katanya di Gedung Sate, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (30/10/2019).

Emil menyebut kegiatan itu akan dapat menggeliatkan ekonomi. Dia berharap terjadi proses branding dalam mencitrakan Pangandaran.

“Kalau bisa rutenya yang Instagramable. Pangandaran kan diasosiasikan dengan kegiatan piknik. Jadi, harus diperhatikan juga soal hotel, kuliner, dan shopping. Ini faktor ekonomi yang luar biasa,” tuturnya.

Sementara Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan, Jabar International Marathon 2019 merupakan bagian dari konsep Jabar Juara. Menurutnya, langsung tidak langsung akan mempengaruhi sektor pariwisata di Pangandaran.

“Ini bisa jadi wisata dunia. Kita terus menata kawasan dan promosi, termasuk dengan pendekatan olahraga untuk pengembangan Pangandaran,” katanya.

Baca juga:  Marathon adalah game PS5 dan PC PlayStation Studios pertama dari Bungie, dan game baru pertamanya sejak Destiny

Acara ini diselenggarakan di Pantai Barat Pangandaran pada hari Minggu, 1 Desember 2019 mulai pukul 03.00-13.00 WIB dengan jarak tempuh 41K, 21K, 10K, dan 5K.

Adapun peserta yang akan berlomba berjumlah 685 pelari.  Tak hanya dari Indonesia, Pelari juga datang dari Kenya, Ethiopia, Australia, dan Amerika Serikat.