Pasangan JUARA Siapkan Program Lumbung Pangan Mandiri

  • Bagikan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata – Ujang Endin Indrawan (JUARA) akan lebih fokus pada bidang pertanian

Calon Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, persoalan pertanian itu kompleks, misalnya dari sisi ketepatan tanam. Jika tidak tepat memperkirakan musim tentu akan berdampak besar pada petani.

“Umpamanya saat baru tanam ternyata kekeringan atau kebanjiran. Maka itu akan menjadi perhatian kita dengan membuat pengelolaan pertanian yang tepat dan baik,” terang Jeje.

Kalau disisi produktivitas gabah menurutnya, sudah bagus, namun soal harga masih pluktuatif. Terutama saat panen raya. Harga bisa turun hingga Rp.1000 per kg.

“Kalau panen sekitar 10 persen harga masih diatas Rp. 5000 kg. Namun jika panen diatas 70 persen harga bisa turun Rp. 800 hingga Rp. 1000. Padahal jedanya hanya sekitar 2 mingguan harga sudah naik lagi, sedangkan petani sudah tidak memiliki padi,” terangnya.

Maka lanjut Jeje, akan disiapkan program lumbung pangan mandiri. Sehingga petani dapat menahan menjual gabah menunggu harga setabil lagi.

Baca juga:  Dispusip Jabar Dan Pangandaran Lakukan Kerjasama Kaji Minat Baca

Menurut Jeje, petani nantinya akan diberikan kredit dengan jaminan padi mereka yang ada dilumbung. Sambil menunggu harga gabah normal lagi.

Nantinya, lanjut Jeje, juga akan menyiapkan penggilingan padi disentra-sentra produksi, sehingga memperkecil biaya transportasi pasca panen.

“Kita akan fokus pada bidang pertanian dan lainnya, karena berbagai program mendasar seperti infrastruktur, kesehatan gratis maupun pendidikan gratis sudah terpenuhi,” ucap Jeje.***

  • Bagikan