BERITA  

Pantai Muaragatah, Surga di Ujung Barat Pangandaran

Aktifitas wisatawan di Pantai Muaragatah. (foto : istimewa)

SEPUTARPANGANDARAN.COM Menggali potensi wisata di Kabupaten Pangandaran memang tiada habisnya. Pasalnya hampir di setiap kecamatan bisa ditemukan lokasi yang bisa dijadikan objek wisata.

Salah satu daerah yang banyak memiliki spot wisata adalah Kecamatan Cimerak. Selain terkenal dengan keindahan Pantai Madasari, Cimerak juga punya satu objek wisata yang cukup dikenal oleh masyarakat Pangandaran dan Tasikmalaya, yakni Pantai Muaragatah.

Pantai tersebut terletak di Desa Kertamukti Kecamatan Cimerak, atau sebelah barat Desa Legokjawa. Secara tidak langsung pantai ini juga berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Wisatawan hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Kecamatan Parigi untuk sampai ke lokasi, atau sekitar satu jam dari Kecamatan Pangandaran.

Pantai Muaragatah menawarkan pemandangan yang luar biasa. Hamparan laut Samudra Hindia yang luas dan juga terumbu karang yang indah. Cocok sekali untuk dijadikan tempat swafoto.

Aktifitas wisatawan di Pantai Muaragatah. (foto : istimewa)

Disana juga terdapat batu karang yang menjulang tinggi, tingginya mungkin ada sekitar 5 meter. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca juga:  Hebat! Pangandaran Terpilih Jadi Tuan Rumah Pan Asia Hash 2021

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas berenang di pantai ini, walaupun memang banyak terumbu karang disana.

Bagi yang ingin menambah sensasi saat berenang, bisa menyewa ban atau boogie untuk berselancar.

Aktifitas wisatawan di Pantai Muaragatah. (foto : istimewa)

Disepanjang pantai juga tersedia warung yang menjajakan makanan ringan dan tradisional. Bahkan wisatawan juga bisa merasakan langsung olahan ikan segar dari para nelayan.

Ketua Kompepar Muaragatah Suratman mengatakan pantai Muaragatah sudah ramai dikunjungi wisatwan sejak tahun 2014 lalu.

“Pantai ini ramai dikunjungi pada hari libur besar saja, sebenarnya dihari hari biasa juga ada yang berkunjung, tapi tidak terlalu banyak,” terangnya.

Tiket masuk ke Pantai Muaragatah terhitung cukup murah, yakni Rp10 ribu untuk roda empat dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua.

“Retribusi dari penarikan karcis ini biasanya dibagi dengan pihak desa,” terangnya.

Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, menurut, Pantai Muaragatah juga punya wahana wisata sungai.

“Biasanya ada yang suka bermain kano, perahu dan boogie, tapi sayang sekarang sungainya sedang surut, ditambah lagi terjadi pendangkalan,” ujarnya.

Baca juga:  Untuk Keberlangsungan Pariwisata, Bupati Pangandaran : Patuhi Prokes!

Iapun berharap pemerintah desa taupun kabupaten turun tangan membantu pengerukan sungai Muaragatah. (*)