Pangandaran Gelar Pilkades Serentak, Ada 8 Desa Yang Selenggarakan Pilkades

Ada 8 dari 93 desa di Kabupaten Pangandaran melaksanakan pesta demokrasi dalam rangka pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Rabu 3 Mei 2023.

Dari 8 desa yang melaksanakan Pilkades Serentak 2023 tersebut ada di 7 kecamatan.

Seperti yang terpantau di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, warga berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih calon kepala desa yang diinginkannya.

Menurut Iwan Mulyadi salah satu panitia pelaksana Pilkades Desa Babakan, ada dua calon kades yang ikut dalam Pilkades Serentak tahun ini.

“Ada dua calon kades yang maju di Pilkades di Desa Babakan, yang satu dari incumbent,” kata Iwan, Rabu, 3 Mei 2023.

Menurut dia, ada 8.904 daftar pemilih tetap (DPT) dari lima dusun yang ada di Desa Babakan dengan jumlah 18 TPS.

“Mayoritas mereka (warga) merupakan pedagang pantai dan nelayan,” ujarnya.

Seraya dirinya mengatakan, pendaftaran ditutup hingga pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan dengan penghitungan suara.

“Hingga pukul 12.00 WIB, warga yang datang ke TPS dan mendaftar diri sebagai pemilih baru mencapai sekitar 68 persen,” kata Iwan.

Baca juga:  Berkas Dukungan Bacalon Perseorangan di Pilkada Pangandaran Rampung Dihitung

Di tempat terpisah Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab Pangandaran Wawan Kustaman mengatakan, ada 25 bakal calon kepala desa tersebut ada di Kecamatan Langkaplancar berada di Desa Pangkalan sebanyak 5 orang, Kecamatan Parigi di Desa Parakanmanggu sebanyak 5 orang, Kecamatan Cimerak ada di Desa Sukajaya sebanyak 3 orang dan Desa Ciparanti sebanyak 3 orang, Kecamatan Pangandaran ada di Desa Babakan sebanyak 2 orang, Kecamatan Kalipucang di Desa Ciparakan sebanyak 3 orang, Kecamatan Mangunjaya di Desa Sukamaju sebanyak 2 orang dan Desa Mangunjaya sebanyak 2 orang bakal calon.

“Sebelum pemungutan suara, menjalani masa tenang dulu mulai tanggal 30 April -2 Mei 2023. Lalu tanggal 3 Mei nya, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara,” kata Wawan didampingi Kabid Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Dinas Sosial PMD Kab Pangandaran Yuningsih.

Selanjutnya lanjut Wawan, pada 4-5 Mei 2023, tahapan penetapan calon kepala desa terpilih oleh panitia pemilihan, 8-9 Mei penyampaian dan usulan calon kepala desa terpilih dari BPD ke Bupati melalui Camat.

Baca juga:  Pilkada di Tengah Pandemi, KPU Pangandaran Sosialisasi Pada Kelompok Disabilitas

Sehari sebelumnya, jajaran Polres Pangandaran mempersiapkan personel untuk pengamanan pada pelaksanaan Pilkades Serentak 2023 dengan menggelar apel kesiapan dan pergeseran Pasukan.

Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat mengatakan, Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, dimana masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa.

“untuk itu kami mengimbau kepada semua anggota yang terploting untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkades di Kabupaten Pangandaran,” tegas Hidayat.

Kapolres Pangandaran mengatakan, Pilkades memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal karena masyarakat pemilih yang mungkin berbeda pilihan itu berdomisili di desa yang sama. Oleh karena itu, warga desa harus diberikan pemahaman dan kesadaran, untuk bisa menghormati pilihan warga desa lainnya dan menerima hasil pilkades dengan legowo.
?
“Masyarakat harus diberikan pengertian agar tidak mudah terpengaruh oleh hasutan atau fitnah yang dapat menimbulkan keresahan, Kalah dan menang dalam sebuah mekanisme yang demokratis merupakan hal biasa yang harus disikapi secara bijaksana,”ujar Kapolres Pangandaran.

Baca juga:  Buka Baju, Bupati Jeje Ikut Menanam Padi Bareng Ibu-ibu

Dalam kesempatan itu, Kapolres Pangandaran AKBP Hidayat meminta personel apel agar bersikap netral dalam melakukan pengamanan pilkades, sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam memberikan suaranya, juga Petugas di lapangan melakukan pengamanan sesuai SOP.??

“Apabila muncul persoalan di lapangan, agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, Jika terjadi permasalahan saat Pilkades, segera sampaikan ke pimpinan untuk secepatnya diselesaikan,” pungkasnya.***