Connect with us

Tekno

Minyak Goreng Curah Memang Berbahaya, Ini Buktinya

Published

on

Tekno, (SP)  – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap pada Januari 2020 tak ada lagi minyak goreng dalam bentuk curah.

Hal ini menurutnya merupakan upaya Kemendag untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan yang dikonsumsi. Salah satunya melalui program pengalihan minyak goreng curah ke minyak goreng kemasan.

Keputusan tersebut diambil bukannya tanpa sebab. Minyak goreng curah memang “haram” alias berbahaya bagi tubuh. Banyak zat berbahaya yang terdapat pada minyak goreng curah.

Memicu kolesterol

Konsumsi makanan yang digoreng bisa memicu tingginya kadar kolesterol. Apalagi jika Anda menggunakan minyak goreng curah yang sudah terdapat sisa atau serbuk penggorengan. Inilah yang paling memicu meningkatnya kadar kolesterol.

Diabetes

Selain kolesterol, minyak goreng curah juga bisa memicu penyakit lainnya seperti diabetes. Pemanasan minyak goreng berulang kali bisa mengakibatkan penipisan kandungan antioksidan alami. Hal ini bisa menyebabkan diabetes, hipertensi, dan peradangan pembuluh darah.

Kanker payudara

Para peneliti dari University of Illinois menguji minyak goreng bekas pakai terhadap tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak goreng yang dipanaskan kembali dapat memicu perubahan sel, sehingga dapat mendorong pertumbuhan kanker payudara

Memanaskan minyak berulang kali diketahui dapat merusak struktur kimia minyak dan melepaskan aclorein. Ini adalah zat racun yang bersifat karsinogenik alias memicu kanker.

Keracunan makanan

Menggoreng makanan dengan minyak curah rupanya bisa menyebabkan keracunan makanan. Jika minyak goreng tidak disaring dan disimpan dengan benar, bakteri akan memakan sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam minyak.

Bila minyak tersebut digunakan berulang kali, sifat minyak akan berubah menjadi anaerob dan merangsang pertumbuhan Costridium botulinum. Ini adalah bakteri penyebab botulisme, jenis keracunan makanan yang parah.

Penyakit kardiovaskular

Perlahan tapi pasti, zat kimia dalam minyak goreng curah akan terus mengendap sehingga mengundang penyakit. Minyak curah mengandung peroksida dan aldehid, dua bahan kimia yang dapat merusak sel dan memicu aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah akibat timbunan plak, lemak, kolesterol, dan lainnya.

Saat dimasak dalam suhu tinggi, kandungan lemak dalam minyak akan berubah menjadi lemak trans. Semakin sering dikonsumsi, risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya semakin tinggi.

Artikel ini telah tayang di KOMPAS.COM dengan Judul : Minyak Goreng Curah Memang “Haram”, Ini Buktinya

Advertisement
Comments

FEATURED

Vivo S1 Pro Resmi Dirilis, Penasaran Harganya?

Published

on

SEPUTARPANGANDARAN.COM  – Vivo S1 Pro resmi dirilis, membawa sejumlah peningkatan dari Vivo S1, penasaran berapa harganya?

Ponsel Vivo S1 Pro mengedepankan desain layar ultra all screen berukuran 6,38 inch. Agar memanjakan mata, dipakai panel Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ dan screen to body mencapai 90%.

“Dengan layar AMOLED warna lebih akurat dan lebih hidup. Dan memungkinkan adanya teknologi Screen Touch ID, Anda bisa membuka lebih cepat, aman dan menyenangkan juga dengan banyak opsi desain interface yang bisa disesuaikan dengan gaya Anda,” kata Ricky Bunardi, Product Manager Vivo Indonesia saat acara peluncuran di Jakarta, seperti dilansir detikcom, Senin (25/11/2019).

Vivo menghadirkan desain berlian, ini menjadi pertama pertama di Indonesia. Memang bukan untuk mempengaruhi hasil jepretan, tapi mampu mempercantik penampilan.

“Desain berlian ini terinspirasi dari Istana Nymphenburg di Jerman, Museum Louvre di Paris dan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta,” ungkap Ricky.

Ada empat kamera yang terpasang di bagian belakangnya. Kamera utamanya 48 MP yang dilengkapi kecerdasan buatan dan fitur Super Night Mode. Lalu ada kamera Super Wide-Angle 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP.

Kamera depan mengusung 32 MP. Dilengkapi fitur AI Face Beauty, AI Make Up dan Pose Master. Fitur terakhir ini membantu bagi pengguna yang bingung harus bergaya saat difoto.

Keunggulan ketiga terletak pada performanya dari spesifikasi Vivo S1 Pro yang mumpuni. Vivo memodali ponsel barunya dengan chipset Snapdragon 665. Diracik dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Bilamana kurang tersedia slot microSD yang mendukung hingga 256 GB.

Vivo S1 Pro turut disematkan baterai 4.500 mAh dengan teknologi dual engine fast charging. Tidak ketinggalan disediakan port USB Type C.

Ponsel ini menjalankan FunTouch OS berbasis Android Pie. Vivo menyertakan tampilan Dark Mode yang bikin nyaman di mata dan ditengarai lebih hemat konsumsi baterai.

Vivo menghadirkan dua pilihan warna yang memikat guna menunjang style anak muda, ada Crystal Blue dan Glowing Black. Dengan segala kemampuannya, harga Vivo S1 Prodilepas Rp 3,999 Juta.
Bonus Berlimpah

Vendor asal China ini membuka pemesanan awal Vivo S1 Pro melalui Shopee mulai 25-29 November 2019. Mereka yang pre-order dijanjikan bonus menarik, yakni speaker JBL dan gratis satu bulan JOOX. Bagi yang menggunakan Kredivo diberikan potongan tambahan Rp 250 ribu.

Untuk pembelian di Vivo official store dan Vivo retail partner, konsumen berkesempatan untuk memperoleh giftbox senilai Rp 500 ribu dan promo Mantab Home Credit Indonesia.

Selama masa pre-order, konsumen dapat mengikuti program trade-in pada Vivo official store dan berkesempatan untuk memperoleh benefit serta giftbox, masing-masing senilai Rp 500 ribu. Pada masa pre-order dan trade-in, konsumen juga berkesempatan untuk memperoleh voucher Gojek senilai Rp 115 ribu,berlaku untuk GoPay, GoGames dan GoPlay.

Berkolaborasi dengan Telkomsel sebagai offical telco partner bundling Vivo S1 Pro, pada masa pre-order ini, konsumen akan mendapatkan kartu Perdana prabayar gratis dan dapat menikmati benefit paket intemet TAU Lite 7 kuota 7GB seharga Rp. 10; free premium subscription HOOQ, Viu, Vidio Gold, MaxStream, JOOX dan LangitMusik untuk 30 hari seharga Rp 10 ribu.

Vivo akan membuka periode penjualan perdana Vivo S1 Pro pada 30 November 2019 melalui platform online maupun Vivo official store dan Vivo retail partner di seluruh Indonesia.

Continue Reading

FEATURED

Inilah 4 Trik Tersembunyi Google Maps yang Perlu Kita Tahu

Published

on

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Aplikasi Google Maps dapat menghapus sedikit ketegangan mengemudi dengan beberapa fitur tersembunyi. Aplikasi ini bisa digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat menyimpan alamat – seperti kantor dan rumah – dan hanya dengan satu ketukan Anda bisa mendapatkan petunjuk arah ke tempat yang sering dikunjungi.

Namun, Google Maps dapat membantu tugas-tugas lain yang mungkin tidak Anda ketahui, seperti mengunduh peta untuk digunakan offline, termasuk berhenti mengemudi untuk mendapatkan waktu tujuan yang lebih akurat, bahkan membantu menemukan tempat parkir. Berikut cara menggunakannya:

1. Gunakan Maps offline

Ketika membutuhkan arahan, bisa jadi ponsel Anda kehilangan sinyal pada waktu yang paling tidak tepat. Untungnya, Google Maps memungkinkan Anda mengunduh rute sebelumnya sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Caranya adalah di aplikasi Google Maps, masukkan tujuan Anda, lalu di bagian bawah layar ketuk nama tempat atau alamat. Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, kemudian ketuk Unduh peta offline. Peta untuk area yang Anda pilih sekarang akan tersedia untuk digunakan offline.

2. Rencanakan rute seluruh perjalanan, termasuk berhenti

Jika Google mengatakan perjalanan Anda akan memakan waktu tujuh jam, tapi akhirnya menjadi delapan, itu mungkin karena Anda tidak menyertakan beberapa perhentian di sepanjang jalan. Google Maps memungkinkan Anda menambahkan berhenti sehingga bisa mendapatkan waktu tujuan yang lebih akurat.

Caranya, di Google Maps, masukkan tujuan pertama Anda, seperti pom bensin atau kedai kopi, lalu ketuk Arah. Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas, pilih Tambah berhenti, tambahkan sebanyak mungkin perhentian yang diharapkan.

Kemudian tekan Selesai setelah Anda selesai menambahkan berhenti. Sekarang Anda akan mendapatkan waktu yang lebih akurat saat merencanakan perjalanan.

3. Menemukan area untuk parkir mobil

Mengetahui di mana bisa atau tidak bisa memarkir mobil adalah penting, terutama jika Anda terlambat bekerja, pergi ke acara besar seperti konser atau mengemudi ke lingkungan yang tidak dikenal. Anda biasanya berkeliling dan berharap akan menemukan tempat parkir, tapi ternyata Google Maps bisa mengarahkan Anda ke tempat parkir.

Setelah Anda memasukkan lokasi Anda dalam Google Maps, ketuk Arah. Anda akan melihat ikon P di sebelah perkiraan waktu yang diperlukan untuk sampai ke lokasi itu. Ketuk P (untuk parkir). Jika P berwarna merah, berarti parkir akan dibatasi. Biru berarti menemukan parkir akan mudah atau masih ada yang kosong.

Lalu temukan tempat parkir, daftar area parkir akan muncul. Pilih salah satu opsi dan ketuk Tambah parkir. Tempat parkir akan ditambahkan sebagai perhentian pertama pada rute Anda dan dapat melanjutkan ke tujuan Anda berikutnya.

4. Lihat tempat sebelum Anda pergi

Gambar bisa menipu, jadi sebelum Anda memesan hotel yang terlihat bagus, periksa dulu di Google Maps. Di Google Maps, cari lokasi, seperti hotel tempat Anda menginap.

Kemudian di sudut kiri bawah, Anda akan melihat kotak kecil dengan foto bangunan. Ini adalah tampilan jalan area tersebut, jadi ketuk untuk melihat seperti apa tampilannya. Anda dapat memperbesar dan memperkecil serta memeriksa area dengan menggesekkan jari Anda di layar Google Maps.

Continue Reading

FEATURED

Rupanya Begini Cara Mengirim File Lebih dari 25 MB lewat Gmail

Published

on

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Di platform Gmail, Google membolehkan penggunanya melampirkan sejumlah file (attachment) dengan ukuran keseluruhan mencapai 25 MB.

Kuota tersebut terbilang kecil dan seringkali tidak cukup, apalagi jika pengguna ingin mengirimkan sejumlah gambar beresolusi tinggi.

Namun, ternyata ada cara yang bisa digunakan untuk mengirim file dengan ukuran lebih besar lewat layanan e-mailGoogle itu. Simak langkah-langkah berikut.

Upload file via Google Drive

Untuk mengirim file berukuran besar, pengguna bisa memanfaatkan Google Drive. Layanan cloud storage ini tersedia untuk semua pengguna Gmail secara otomatis dan bisa digunakan dengan login menggunakan akun Google.

Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan 15 GB secara cuma-cuma alias gratis. Pengguna bisa meningkatkan angkanya hingga 100 GB atau maksimal 30 TB dengan membayar biaya langganan.

Untuk mengirim file lewat Gmail, sebelumnya pengguna mesti mengunggah berkas dimaksud terlebih dahulu ke Google Drive. Bukalah aplikasi Goolge Drive atau kunjungi situs drive.google.com, kemudian pilih dan unggah file yang ingin dikirim.

Cara mengunggahnya sendiri terbilang sederhana. Pengguna cukup meng-klik ikon “+” di halaman depan Google Drive. Lalu, pilih ikon “Upload”.

Kemudian, pengguna akan disodorkan dengan tampilan daftar file atau gambar yang tersimpan di media penyimmpanan ponsel atau PC. Di sini, pilih file yang ingin dikirim dan kemudian klik tombol “Open”.

Semua jenis file bisa diunggah, mulai dari dokumen teks, foto, hingga video resolusi tinggi, asalkan ukurannya tidak melebihi batas penyimpanan Google Drive (15 GB untuk penggunaan gratis, atau hingga 30 TB untuk penggunaan berbayar tadi).

Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Setelah itu, pengguna pun bisa langsung beralih ke aplikasiGmail.

Cara menyisipkan file Google Drive ke Gmail

Buka aplikasi Gmail kemudian klik ikon “+” di tampilan awal aplikasi untuk membuat email baru. Pastikan email yang dipakai untuk mengirim sama dengan email Google Drive.

Setelah itu, pilih ikon “klip” kemudian pilih opsi “Insert from Drive”.

Beberapa saat kemudian, akan muncul seluruh isi berikut folder yang telah tersimpan di dalam Google Drive pengguna.

Perlu dicatat, pengguna juga dapat mengirimkan file Google Drive bersamaan dengan file attachment yang diunggah secara langsung, tentunya dengan syarat jumlah ukuran file keseluruhan tidak melebihi 25 MB.

File Google Drive yang dilampirkan sendiri tidak dihitung dalam kuota pengiriman data oleh Gmail, sehingga pengguna bisa mengirim file hingga belasan GB, asalkan kuota Google Drive masih ada.

Continue Reading

Tekno

Dipastikan Masuk Indonesia, Ini Bocoran Smartphone 6 Kamera Vivo V17 Pro

Published

on

TEKNO, (SP)  – Vivo bersiap meluncurkan flagship barunya di Tanah Air. Smartphone flagship yang dimaksud adalah Vivo V17 Pro. Belakangan sempat beredar bocorannya.

“Melalui TVC yang sudah disiarkan, Vivo V17 Pro hampir dapat dipastikan menjadi seri flagship teranyar yang akan diluncurkan oleh Vivo dalam waktu dekat,” ujar Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia dalam keterangan resmi seperti dilansir KompasTekno, Sabtu (7/9/2019).

Seakan mengamini rumor yang beredar sebelumnya, Vivo V17 Pro akan dibekali total enam kamera. Keenam kamera tidak bertumpu di satu tempat, melainkan dipisah menjadi empat kamera belakang dan dua kamera selfie.

Salah satu kamera belakang akan beresolusi 48 megapiksel yang didukung AI Quad Camera.
Fitur Super Night Mode untuk memaksimalkan hasil foto di kondisi minim cahaya, akan menjadi salah satu fitur andalan di Vivo V17 Pro.

Sementara kamera ganda selfie akan terpasang dengan mekanisme pop-up. Dengan demikian, layar Vivo V17 Pro kemungkinan akan lebih lega tanpa gangguan “notch”. Salah satu kamera depan akan beresolusi 32 megapiksel yang dilengkapi fitur Super Wide-Angle Selfie.

Ada dua warna yang nantinya akan tersedia, yakni esensial hitam dan putih. Belum ada detail informasi lain tentang spesifikasi yang akan diusung.

Namun kabarnya, Vivo V17 Pro akan menggunakan panel AMOLED untuk layarnya. Sayangnya, Vivo Indonesia masih bungkam terkait tanggal perilisan Vivo V17 Pro.

Continue Reading

Facebook

Advertisement

Populer

Minyak Goreng Curah Memang Berbahaya, Ini Buktinya