Connect with us

TEKNO

Minyak Goreng Curah Memang Berbahaya, Ini Buktinya

Dipublikasikan

pada

Tekno, (SP)  – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita berharap pada Januari 2020 tak ada lagi minyak goreng dalam bentuk curah.

Hal ini menurutnya merupakan upaya Kemendag untuk meningkatkan mutu dan keamanan pangan yang dikonsumsi. Salah satunya melalui program pengalihan minyak goreng curah ke minyak goreng kemasan.

Keputusan tersebut diambil bukannya tanpa sebab. Minyak goreng curah memang “haram” alias berbahaya bagi tubuh. Banyak zat berbahaya yang terdapat pada minyak goreng curah.

Memicu kolesterol

Konsumsi makanan yang digoreng bisa memicu tingginya kadar kolesterol. Apalagi jika Anda menggunakan minyak goreng curah yang sudah terdapat sisa atau serbuk penggorengan. Inilah yang paling memicu meningkatnya kadar kolesterol.

Diabetes

Selain kolesterol, minyak goreng curah juga bisa memicu penyakit lainnya seperti diabetes. Pemanasan minyak goreng berulang kali bisa mengakibatkan penipisan kandungan antioksidan alami. Hal ini bisa menyebabkan diabetes, hipertensi, dan peradangan pembuluh darah.

Kanker payudara

Para peneliti dari University of Illinois menguji minyak goreng bekas pakai terhadap tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak goreng yang dipanaskan kembali dapat memicu perubahan sel, sehingga dapat mendorong pertumbuhan kanker payudara

Memanaskan minyak berulang kali diketahui dapat merusak struktur kimia minyak dan melepaskan aclorein. Ini adalah zat racun yang bersifat karsinogenik alias memicu kanker.

Keracunan makanan

Menggoreng makanan dengan minyak curah rupanya bisa menyebabkan keracunan makanan. Jika minyak goreng tidak disaring dan disimpan dengan benar, bakteri akan memakan sisa-sisa makanan yang tertinggal dalam minyak.

Bila minyak tersebut digunakan berulang kali, sifat minyak akan berubah menjadi anaerob dan merangsang pertumbuhan Costridium botulinum. Ini adalah bakteri penyebab botulisme, jenis keracunan makanan yang parah.

Penyakit kardiovaskular

Perlahan tapi pasti, zat kimia dalam minyak goreng curah akan terus mengendap sehingga mengundang penyakit. Minyak curah mengandung peroksida dan aldehid, dua bahan kimia yang dapat merusak sel dan memicu aterosklerosis.

Aterosklerosis adalah pengerasan pembuluh darah akibat timbunan plak, lemak, kolesterol, dan lainnya.

Saat dimasak dalam suhu tinggi, kandungan lemak dalam minyak akan berubah menjadi lemak trans. Semakin sering dikonsumsi, risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya semakin tinggi.

Artikel ini telah tayang di KOMPAS.COM dengan Judul : Minyak Goreng Curah Memang “Haram”, Ini Buktinya

Advertisement
Comments

Gadget

Ada AI Mixed Portrait, Membuat Video Keren Cukup Pakai OPPO Reno5

Dipublikasikan

pada

Jakarta – OPPO Reno5 kini telah hadir di Indonesia dengan banyak fitur baru yang lebih lengkap dibanding pendahulunya seri Reno4, terutama untuk perekaman video. Ini memberi keleluasaan anak muda untuk mengekspresikan diri di media sosial.

Salah satu fitur andalan yang dibawa pada kamera OPPO Reno5 adalah AI Mixed Portrait. Fitur AI Mixed Portrait ini menjadi pionir karena merupakan inovasi pertama pada industri smartphone.

AI Mixed Portrait memungkinkan pengguna menggabungkan dua video menjadi satu, yakni video potret dan video latar belakang. Tak perlu editing rumit, OPPO Reno5 mampu menghasilkan karya video kreatif dengan efek double exposure secara instan.

AI Mixed Portrait hadir dengan dua mode artistik yang berbeda. Dengan adanya pilihan mode ini, pengguna bisa menyesuaikan video potret menyatu dengan video latar belakang sesuai keinginan.

Dengan AI Mixed Portrait, pengguna bisa mengabadikan setiap momen kebersamaan di masa pandemi dengan lebih kreatif dan membuat pengguna bisa mengeksplor kreativitas dalam membuat karya video unik dan artistik.

Selain itu, masih banyak fitur-fitur keren dari OPPO Reno5. Seperti Dual-View Video untuk menangkap video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan, hingga AI Highlight Video untuk mendeteksi cahaya secara otomatis guna meningkatkan kualitas video.

Soal performa, OPPO Reno5 dibekali Qualcomm Snapdragon 720G Mobile Platform, RAM 8GB, dan ROM 128GB yang bisa ditingkatkan menjadi 256GB. Ada pula fitur NFC yang bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi saldo kartu elektronik, serta baterai 4.310 mAh yang dilengkapi 50W Flash Charge.

Perangkat ini memiliki varian Fantasy Silver dengan ribuan warna dalam 1 ponsel yang menjadi favorit anak muda. Didukung dengan layar AMOLED refresh rate 90Hz, pengguna akan semakin nyaman mengoperasikan OPPO Reno5.

OPPO Reno5 dibanderol dengan harga Rp 4.999.000 dan bisa didapat pada pre-order eksklusif di Shopee 13-21 Januari. Untuk membelinya langsung buka saja halaman Shopee dan jangan lupa kunjungi websitenya di laman OPPO Reno5.

detiknet

Lanjutkan membaca

Aplikasi

Akhirnya Kebijakan Privasi Whatsapp Ditunda

Dipublikasikan

pada

JakartaWhatsApp mulai mengenalkan kebijakan privasi terbarunya yang kontroversial pada pekan lalu. Sebagai aplikasi messenger terbesar di dunia dengan dua miliar pengguna, wajar jika update ini menimbulkan kehebohan di jagad internet.

Pengguna yang khawatir akan keamanan datanya langsung pindah ke aplikasi messenger alternatif. Bahkan update ini juga menjadi perhatian regulator di beberapa negara.

Setelah memberikan beberapa klarifikasi tentang kebijakan terbarunya, WhatsApp akhirnya memutuskan untuk mengundur penerapan kebijakan ini. Berikut adalah rangkuman lika-liku kebijakan privasi baru WhatsApp sebelum akhirnya ditunda.

1. WhatsApp kenalkan kebijakan privasi baru

Sepekan yang lalu WhatsApp memberikan notifikasi di aplikasinya tentang ketentuan dan kebijakan privasi terbaru. Ada tiga poin utama dalam update ini yang fokus kepada perpesanan dengan akun bisnis.

Tiga poin utama dalam kebijakan terbaru ini mempengaruhi bagaimana WhatsApp memproses data pengguna, bagaimana bisnis bisa menggunakan layanan yang dihosting Facebook untuk menyimpan dan mengelola isi percakapan, dan bagaimana WhatsApp akan bermitra dengan Facebook untuk menawarkan integrasi yang lebih dalam di produk-produk mereka.

Kebijakan ini akan mulai diterapkan pada 8 Februari 2021 mendatang. Jika pengguna masih ingin mengakses WhatsApp setelah tanggal tersebut, mereka harus menerima kebijakan baru tersebut. Jika tidak setuju, pengguna bisa menghapus akun mereka.

Pengguna pun kaget dan bingung karena kebijakan ini dirilis secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan dari WhatsApp sebelumnya. Setelah itu WhatsApp pun langsung bergerak cepat untuk menenangkan penggunanya.

2. Sederet klarifikasi WhatsApp

Setelah kebijakan ini diumumkan, WhatsApp telah beberapa kali memberikan klairifikasinya. Dalam klarifikasi pertama, WhatsApp mengatakan kebijakan berbagi data dengan Facebook sebenarnya telah berlaku sejak tahun 2016.

“Sejak 2016, WhatsApp telah membagikan sejumlah data terbatas dengan Facebook di ranah backend, khususnya untuk kebutuhan infrastruktur. Tidak ada perubahan baru di update kebijakan ini,” ucap WhatsApp dalam keterangan resminya, Sabtu (9/1/2021).

Untuk update kebijakan privasi ini lebih fokus pada perpesanan dengan akun bisnis. WhatsApp mengatakan bisnis sekarang bisa menggunakan layanan hosting Facebook untuk menyimpan chat WhatsApp mereka.

Artinya percakapan pengguna dengan bisnis tersebut bisa disimpan di server Facebook. Bisnis juga bisa menentukan bagaimana mereka menggunakan atau membagikan informasi tersebut. Jadi pengguna bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan akun bisnis atau tidak.

WhatsApp mengatakan perubahan kebijakan ini tidak mempengaruhi percakapan pribadi di luar konteks tersebut.

“Semua percakapan ini masih akan terenkripsi end-to-end. WhatsApp maupun Facebook tidak bisa mengaksesnya,” jelas WhatsApp.

Dalam klarifikasi berikutnya, WhatsApp kembali menjelaskan keamanan pesan pengguna dalam platform-nya. WhatsApp mengatakan tidak bisa melihat pesan atau panggilan telepon, begitu juga dengan Facebook.

Aplikasi messagung ini juga tidak mencatat atau menyimpan pesan dan panggilan yang dibuat pengguna. WhatsApp mengatakan mereka tidak membagikan kontak pengguna dengan Facebook dan tidak bisa melihat lokasi yang dibagikan pengguna.

Dalam klarifikasi terbaru ini, WhatsApp kembali menyebut bahwa pembaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk percakapan dengan akun Bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API dan memilih provider hosting di luar WhatsApp.

“WhatsApp ingin penggunanya jelas bahwa bisnis tersebut kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk chat melalui WhatsApp. Artinya, percakapan dengan bisnis tersebut dapat disimpan di server Facebook,” tulis WhatsApp.

“Jika pengguna berbicara dengan bisnis yang memilih metode penyimpanan di luar WhatsApp, kami akan menampilkan notifikasi di chat tersebut. Pengguna kemudian berhak dan bebas memilih apakah mereka mau berinteraksi dengan bisnis tersebut atau tidak,” tambahnya.

3. Disindir Elon Musk dan bos Telegram

Beberapa hari setelah WhatsApp mengenalkan kebijakan privasi terbarunya, CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk menyindir WhatsApp lewat Twitter dan mengajak pengikutnya untuk pindah ke Signal. Musk memang dikenal sering mengkritik Facebook dan anak perusahaannya.

Kebijakan baru WhatsApp yang membagi data kepada Facebook juga disindir CEO Telegram Pavel Durov. Menurutnya, langkah tersebut sama artinya dengan tidak menghormati privasi pengguna.

“Jutaan orang marah dengan kebijakan baru WhatsApp, yang sekarang mengharuskan pengguna memasukkan semua data pribadi mereka ke mesin iklan Facebook. Tidak mengherankan jika banyak pengguna beralih dari WhatsApp ke Telegram, yang sudah berlangsung beberapa tahun, semakin cepat,” tutur Pavel dalam sebuah channel di Telegram.

Imbasnya, jumlah pengguna Signal dan Telegram langsung meroket dalam beberapa hari belakangan. Bahkan kedua aplikasi ini sampai menjadi aplikasi paling populer di toko aplikasi seperti Apple App Store dan Google Play Store.

Seperti dikutip detikINET dari Associated Press, Jumat (15/1/2021) analisa dari Sensor Tower menunjukkan Signal didownload sebanyak 17,8 juta kali di Play Store dan App Store pada 5 sampai 12 Januari. Itu merupakan peningkatan 61 kali lipat dari minggu sebelumnya yang sebesar 285 ribu kali.

Kemudian Telegram tembus 15,7 juta kali download di kurun waktu yang sama, 5 sampai 12 Januari, peningkatan dari jumlah 7,6 juta kali pada minggu sebelumnya. Bahkan Telegram telah mengumumkan jumlah pengguna aktif telah mencapai 500 juta user.

Adapun angka download terkini WhatsApp berada di belakang keduanya, dengan 10,6 juta kali unduhan, turun dari 12,7 juta kali download pada minggu sebelumnya.

4. Dipanggil Kominfo

Kebijakan baru WhatsApp juga menjadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang awal pekan ini memanggil pihak WhatsApp/Facebook regional Asia-Pasifik.

“Hari ini Kominfo memanggil pengelola WA/FB Asia Pacific Region untuk memberikan penjelasan lengkap. Setelah itu pemerintah akan menetapkan kebijakan lanjutan terkait dengan hal ini,” demikian keterangan dari Menkominfo Johnny G Plate.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Menkominfo menekankan agar WhatsApp serta pihak-pihak terkait melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Menjawab perhatian publik dengan memberikan penjelasan kepada masyarakat Indonesia yang disampaikan secara lengkap, transparan, jelas, mudah dipahami dan dapat diakses oleh publik terkait pembaruan kebijakan privasi Whatsapp, khususnya terkait kekhawatiran masyarakat mengenai:
a. jenis-jenis data pribadi yang dikumpulkan dan diproses oleh Whatsapp serta dibagikan kepada pihak ketiga;
b. tujuan dan dasar kepentingan pemrosesan data pribadi;
c. jaminan akuntabilitas pihak yang menggunakan data data pribadi;
d. mekanisme yang tersedia bagi pengguna untuk melaksanakan hak-haknya, termasuk hak untuk menarik persetujuan serta hak-hak lain, yang dijamin oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan
e. hal-hal lain yang menjadi perhatian publik.

2. Meningkatkan kepatuhan terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-perundangan yang mengatur tentang pelindungan data pribadi di Indonesia, antara lain:
a. melaksanakan pemrosesan data pribadi sesuai dengan prinsip-prinsip yang berlaku;
b. menyediakan formulir persetujuan pemrosesan data pribadi dalam Bahasa Indonesia;
c. melakukan pendaftaran sistem elektronik;
d. menjamin pemenuhan hak-hak pemilik data pribadi; dan
e. kewajiban berdasarkan ketentuan-ketentuan lain sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam keterangannya, Kominfo menekankan agar masyarakat makin hati-hati dalam penggunaan beragam layanan online dengan selalu membaca kebijakan privasi serta dokumen syarat dan ketentuan sebelum memberi persetujuan penggunaan data pribadi.

“Ada berbagai ragam platform media sosial yang tersedia, kominfo minta perhatian kepada masyarakat untuk semakin waspada dan bijak dalam menentukan pilihan media sosial yang mampu memberikan pelindungan data pribadi dan privasi secara optimal,” sebut Menkominfo.

5. Akhirnya ditunda

Aturan privasi baru yang akan diterapkan WhatsApp membuat perusahaan di bawah Facebook ini banjir kritikan dan bikin sebagian user eksodus ke aplikasi pesaing, terutama Signal dan Telegram. WhatsApp pun menarik rem darurat.

Pada awalnya, implementasi kebijakan baru itu akan dilakukan pada tanggal 8 Februari, di mana user harus menyetujuinya atau tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Namun kini, WhatsApp memutuskan menundanya selama 3 bulan sampai 15 Mei. Jadi pengguna memiliki perpanjangan waktu untuk meninjau dan menerima pembaruan ini, dan tidak akan ada akun yang dihapus pada 8 Februari.

“Kami mendengar dari banyak orang tentang banyaknya kebingungan terkait update terbaru kami. Ada banyak misinformasi yang menyebabkan kecemasan dan kami ingin membantu setiap orang memahami prinsip kami dan faktanya,” tulis WhatsApp di blognya.

Kebijakan privasi baru WhatsApp memang dianggap membingungkan bagi sebagian orang. “Setelah membaca kebijakan privasi (WhatsApp), saya menganggapnya sangat membingungkan dan sulit diikuti,” cetus bos Signal, Brian Acton, yang juga merupakan pendiri WhatsApp.

sumber : detiknet

Lanjutkan membaca

Gadget

OPPO Reno5 Punya Fitur dan Teknologi Terlengkap di Kelasnya

Dipublikasikan

pada

Jakarta – Kehadiran Reno5 mendapat respons positif dari konsumen, program flash sale di Shopee kabarnya telah sold out tanpa memakan waktu lama. Smartphone terbaru OPPO ini pun diklaim yang terlengkap di kelasnya. Reno5 disebut sebagai ponsel dengan berjuta fitur untuk memenuhi kebutuhan user.

Disebut terlengkap di kelasnya, OPPO Reno5 dapat menunjang produktivitas pengguna. Apa saja fiturnya?

Performa Serba Cepat

Untuk dapur pacu, OPPO Reno5 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang dipasangkan dengan RAM 8GB, dan ROM 128GB. Menariknya, OPPO Reno5 sudah dipersenjatai dengan NFC untuk mendukung fungsi aplikasi pembayaran digital secara nirkontak & pengiriman data nirkabel secara cepat antarperangkat. OPPO Reno5 juga sudah dibekali dibekali baterai berkapasitas 4.310 mAh, lengkap dengan fast charging 50W sehingga kemampuannya bisa dibilang serba cepat.

Soal daya tahan, pengguna tidak perlu khawatir, pasalnya OPPO Reno5 Hanya dengan 5 menit pengisian bisa digunakan untuk menonton video selama 3 jam. Jika mengisi dalam waktu 31 menit, akan menghasilkan 80% tingkat kepenuhan baterai dan akan penuh maksimal dalam waktu 48 menit.

Kamera Kreatif

Menjadi suksesor Reno4, OPPO Reno5 membawa videografi sebagai fitur keunggulannya. Kamera OPPO Reno5 memiliki susunan yang sama dengan Reno4. Bedanya di seri Reno5 ini, OPPO memperkenalkan sistem kamera belakang baru yang menampilkan matris quadcam 64MP. Artinya, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya, di mana Reno4 hanya membawa kamera 48 MP.

Tak hanya unggul dalam hal kamera belakang, kamera depan OPPO Reno5 juga dijagokan. Reno5 hadir dengan mengusung kamera depan berjenis single punch hole dengan konfigurasi 44 megapixel. Keduanya dilengkapi dengan peningkatan OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System dan AI Highlight Video, sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman video potret kelas dunia di seri OPPO Reno5 baru.

Fitur AI Highlight Video disebut-sebut menjadi fitur pertama di industri yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan penerapan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Tidak heran, meski dengan cara penyuntingan yang sederhana namun hasil yang didapatkan terlihat seperti profesional.

Kaya Fitur

Selain itu, OPPO Reno5 juga didukung Smart Message Privacy yang secara otomatis mendeteksi jika orang lain sedang melihat layar ponsel pengguna dan menyembunyikan pemberitahuan, sehingga keamanan dan privasi dari ponsel terjaga dengan baik.

Di samping ada NFC dan wireless charging, Reno5 juga punya fitur gesture yang memudahkan penggunanya. Fitur tambahan lainnya juga tersemat dalam ColorOS. Salah satunya adalah split screen.

Desain Menawan

Lalu dari segi desain dan tampilan, secara keseluruhan desain OPPO Reno5 tak jauh berbeda dari seri Reno4 sebelumnya. OPPO Reno5 memiliki desain mewah dan elegan, serta bodi yang ramping dan ringan dengan ketebalan 7,7mm untuk varian warna Starry Black dan 7,8 mm untuk varian warna Fantasy Silver.

Varian Fantasy Silver memang sedikit lebih tebal karena memiliki teknologi lapisan warna yang berbeda. Fantasy Silver diklaim dapat memproyeksikan ribuan warna bila dilihat dari sudut yang berbeda, masing-masing warna bersinar dan berkilau dengan khas. Hal itu dihasilkan dari proses Diamond Spectrum yang akan memastikan warna tetap tampil cerah.

Layarnya seluas 6,4 inch yang menggunakan panel AMOLED. Menariknya lagi layar Reno5 sudah dibekali refresh rate 90Hz untuk scrolling yang lebih smooth. Layar luas OPPO juga memberi kenyamanan secara visual.

OPPO Reno5 di dibanderol Rp 4.999.000, pre-order eksklusif di Shopee (13-21 Januari) dan kunjungi website & sosial media OPPO Indonesia. Info selengkapnya klik di sini.
sumber : detikcom

Lanjutkan membaca

Game

PUBG Mobile Versi 1.2, Hadirkan Dua Mode Baru

Dipublikasikan

pada

SEPUTARPANGANDARAN. COM – Tencent resmi menggelontorkan pembaruan versi 1.2 pada game battle royale besutannya, PUBG Mobile. Pengguna sudah mulai bisa mengunduh patch update melalui Google Play Store dan App Store.

Pada update terbaru ini, pemain kedatangan sejumlah konten menarik, salah satunya adalah mode Runic Power. Sesuai dengan namanya, mode ini memungkinkan pemain untuk menggunakan kekuatan unik yang terdapat pada rangkaian aksara kuno alias rune.

Terdapat tiga jenis rune yang dapat dipilih, yakni Flame Rune, Arctic Rune, dan Wind Rune. Setelah memilih rune, pemain akan mendapat dua skill yang terdiri dari kemampuan summon untuk memanggil bunker dan boost untuk memberikan efek tambahan khusus.

Pemain juga akan diberikan efek yang berbeda-beda, tergantung dari jenis rune yang sebelumnya telah dipilih.

Seperti Flame Rune misalnya, mempunyai kemampuan untuk memanggil roda api yang dapat menimbulkan efek terbakar (burn) kepada lawan. Rune ini juga dapat menambah efek burn yang dihasilkan kepada lawan yang tertembak.

Sementara pengguna Arctic Rune mampu memanggil tembok es yang bisa digunakan untuk mengangkat objek di atasnya. Skill boost pada rune ini memberikan efek beku yang dapat mengurangi proses penyembuhan lawan.

Terakhir, terdapat rune angin bernama Wind Rune. Pengguna rune ini bisa memanggil perisai angin semi-transparan untuk mengurangi damage yang dihasilkan dari tembakan lawan.

Berkat kemampuan boost Wind Rune, kecepatan gerak pemain akan meningkat, sementara waktu cooldown pengisian peluru akan berkurang. Mode ini bakal menemani pemain PUBG Mobile hingga 7 Maret mendatang.

Ada iming-iming hadiah

Selain mode Rune Power, Tencent juga bakal meluncurkan mode lain bernama Power Armor yang akan resmi menyambangi PUBG Mobile pada 5 Februari mendatang.

Power Armor nantinya bakal tersedia secara khusus di peta Livik. Pada mode ini, pemain dapat membuat equipment bernama Power Armor dari material Kristal Nano dan Blueprint Armor.

Power Armor tersedia dalam tiga jenis dan mampu memberikan efek tambahan pada karakter pemain. Adapun ketiga armor tersebut terdiri dari Power Armor dada, lengan dan kaki.

Apabila semua jenis Power Armor telah berhasil didapatkan, pemain akan secara otomatis mendapatkan sebuah senjata pamungkas bernama Dragon’s Breath Grenade.

Melalui pembaruan ini, Tencent turut me-reset mode Metro Royale dan memperbarui daftar hadiah yang bisa didapatkan.

Dihimpun KompasTekno dari situs PUBG Mobile, Rabu (13/1/2021), pemain juga kedatangan satu buah senjata baru bernama Famas.

Senjata berjenis senapan serbu ini menggunakan peluru amunisi 5.66 mm dan dapat menampung 25 peluru sekaligus. Famas hanya tersedia untuk peta (map) Livik.

Pembaruan PUBG Mobile versi 1.2 akan memerlukan ruang penyimpanan sebesar 615 MB untuk versi Android dan 1.5 GB untuk versi iOS. Pemain yang melakukan pembaruan game pada 12 hingga 17 Januari juga berkesempatan untuk mendapat hadiah tambahan.

Adapun hadiah tersebut terdiri dari 2.888 BP, 100 AG, dan Acolyte of Justice Backpack dengan masa aktif selama 3 hari.
sumber : KOMPAS

Lanjutkan membaca

Gadget

Jadwal Peluncuran Oppo Reno5 5G dan Reno5 F di Indonesia

Dipublikasikan

pada

JAKARTA – Oppo baru saja meluncurkan seri ponsel Reno5 di Indonesia, Selasa (12/1/2021). Seperti diberitakan sebelumnya, Oppo tidak hanya meluncurkan satu model Reno5 saja di Tanah Air.

Oppo Reno5 akan ditemani oleh Reno5 5G dan Reno5 F. Reno5 5G menjadi ponsel ponsel Oppo dengan konektivitas 5G yang dipasarkan di Indonesia. Sedangkan Oppo Reno5 F menjadi ponsel Reno5 yang dijual khusus di pasar Indonesia.

Dalam peluncuran Reno5 yang disiarkan secara langsung di YouTube Oppo Indonesia, Oppo turut mengumumkan jadwal peluncuran dua perangkat tersebut.

“Kami akan meluncurkan keluarga Reno5 series yang terdiri dari Reno5, Reno5 5G pada bulan Februari, dan Reno5 F pada bulan April mendatang,” jelas Marvel Sun, Product Manager Oppo Indonesia pada akhir presentas peluncuran Oppo Reno5.

Secara hierarki, Reno F adalah model dengan banderol harga paling terjangkau di lini seri Reno. Oppo juga pernah merilis model Reno F di Indonesia sebelumnya, ketika merilis lini Reno2 beberapa tahun lalu.

Sedangkan untuk Reno5 5G, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengonfirmasi bahwa Reno5 5G nantinya akan ditenagai chipset Snapdragon 765G. Namun soal spesifikasi lainnya, Aryo masih bungkam.

Oppo belum mengungkap tanggal peluncuran kedua perangkat tersebut. Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia mengatakan ingin memperkenalkan Reno5 secepat mungkin.

Namun, ada kendala yang berasal dari pihak eksternal. Walhasil, peluncuran Reno5 5G harus tertunda sekitar satu bulan.

“Tapi memang ada permasalahan dari tempat lain, yang nyatanya sampai saat ini perangkatnya masih belum bisa diproduksi,” kata Aryo.

Ketika ditanya apakah kendala yang dimaksud berkaitan CEIR, Aryo tidak membantahnya. Sekitar akhir bulan September 2020 lalu, mesin Central Equipment Identity Register (CEIR) yang digunakan pemerintah untuk memasukan data IMEI perangkat genggam, dikabarkan hampir penuh.

Hal ini membuat sejumlah vendor ponsel kesulitan memasukkan data IMEI produk mereka. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan pemerintah akan menambah kapasitas mesin CEIR pada kuartal I tahun ini.

Daya tampung mesin yang semula 1,2 miliar nomor IMEI, akan ditingkatkan menjadi 2 miliar. Kendati demikian Kominfo belum mengabarkan tanggal pasti peningkatan kapasitas mesin dilakukan.
Sumber : KOMPAS

Lanjutkan membaca

Populer