Menperin: Derasnya Ekspor Kendaraan dari Indonesia Bukti Kualitas Mumpuni

KabarOto.com – Kementerian Perindustrian fokus untuk terus menggenjot kinerja industri otomotif nasional agar lebih berdaya saing global.

“Selama produk otomotif kita dapat diterima pasar internasional, berarti kita memiliki daya saing yang tinggi. Misalnya kita ekspor mobil ke Australia, salah satu negara high-end,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (21/02).

Menperin menyatakan, kekuatan industri otomotif nasional saat ini didukung oleh 23 perusahaan yang memproduksi kendaraan roda 4 atau lebih dengan total kapasitas 2,35 juta unit per tahun.

Baca Juga: Semangat Kunjungan Sahabat Difabel Indonesia ke IIMS 2023

“Penyerapan langsung lapangan kerja di industri otomotif nasional mencapai 38 ribu orang, serta penyerapan tenaga kerja IKM lebih dari 1,5 juta orang”, ujarnya.

Menperin menegaskan sektor manufaktur kendaraan roda empat nasional telah berhasil menjadi pahlawan mata uang dengan kemampuan ekspor produk Completely Build Up (CBU) sebanyak 473.000 unit mobil pada tahun 2022, meningkat 60,7% dibandingkan tahun 2021, yang berjumlah 294 ribu.

Baca juga: TMMIN Ekspor Perdana Toyota Innova Zenix Hybrid

Pencapaian pada tahun 2022 adalah $5,7 miliar, naik 63,5% dari tahun 2021 sebesar $3,5 miliar.

Baca juga:  Pemerintah Resmi Beri Subsidi Motor Listrik Mulai 20 Maret, Kendaraan Konversi Termasuk

“Berdasarkan kinerja yang cemerlang tersebut, dapat disimpulkan bahwa perkembangan sektor otomotif dari sisi kinerja ekspor dalam bentuk CBU berjalan sangat baik,” ujarnya.