Mobil  

Mengenal Jenis Velg pada Mobil Beserta Rekomendasinya

momobil.id – Velg merupakan komponen yang dapat menambah nilai estetika pada sebuah kendaraan. Oleh karena itu, tidak jarang para pecinta mobil mengganti velg agar terlihat lebih menarik. Sebelum memilih velg untuk mobil, ada baiknya mengetahui jenis velg terlebih dahulu. Berikut pembahasannya!

fungsi roda mobil

Tidak hanya membuat mobil menjadi lebih menarik, velg mobil juga memiliki fungsi lain. Berikut adalah beberapa fungsi roda kemudi.

  • Sebagai tempat pemasangan ban mobil.
  • Roda berfungsi sebagai struktur untuk menopang ban mobil.
  • Velg mobil dapat meredam guncangan dari kondisi jalan.
  • Roda mampu menjaga stabilitas dan keseimbangan kendaraan.
  • Mampu meningkatkan penampilan mobil.

Jenis velg mobil berdasarkan cara pembuatannya

Berdasarkan cara pembuatannya, velg terbagi menjadi beberapa jenis.

1. Formasi aliran roda

Proses pembuatan roda pembentuk aliran dengan memutar dan membentuk logam pada suhu tinggi. Pembentukan aliran dari roda melewati beberapa tahapan proses pencetakan, kemudian ditekan dengan roller dan ditarik oleh mesin. Saat roda selesai, ujung-ujungnya dibentuk lagi.

Roda pembentuk aliran memiliki daya tahan 20% lebih kuat. Meski begitu, velg ini lebih mahal dari velg cast dan lebih murah dari velg forged.

2. Roda tempa

Jenis roda tempa adalah roda yang dibuat dengan menggunakan teknologi paling rumit. Untuk pembuatannya, velg forged menggunakan material aluminium padat yang dimasukkan ke dalam mesin, dipanaskan dan dibentuk menjadi velg. Bahannya ditekan untuk menghasilkan roda yang kokoh dan keras.

Roda paksa adalah roda dengan proses pembuatan yang rumit. Dibuat menggunakan material aluminium, velg paksa cenderung ringan dan kokoh. Namun, roda ini memiliki harga yang agak tinggi dan lebih sulit ditemukan.

3. Pengecoran roda

Jenis roda pengecoran adalah roda yang dibuat dengan cara dicetak. Metode pembuatan roda cor cenderung lebih mudah, lebih efisien dan lebih terjangkau. Meski begitu, roda cor memiliki ketahanan yang lebih mudah jika dibandingkan dengan roda tempa.

Pembuatan velg casting dengan cara melelehkan velg dalam cairan. Kemudian bahan cair dituangkan ke dalam cetakan yang telah dibentuk. Pengecoran roda dibagi menjadi dua jenis, yaitu pengecoran tekanan rendah dan pengecoran gravitasi.

Jenis roda berdasarkan bahannya

Roda dapat dibedakan berdasarkan jenis material yang digunakan. Berikut daftar jenisnya.

Baca juga:  Nintendo Direct pada 21 Juni akan melihat game Switch tahun ini, termasuk Pikmin 4

1. Pelek Baja

Salah satu jenis velg yang banyak digunakan adalah velg berbahan dasar baja. Velg jenis ini sering disebut dengan tin wheel karena materialnya menggunakan besi dan karbon. Roda baja dianggap lebih kuat jika dibandingkan dengan roda lainnya.

Meski lebih kuat, roda baja cukup berat. Hal ini dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil. Pada umumnya velg baja digunakan oleh kendaraan besar dan jenis mobil tua.

2. Roda aluminium

Velg jenis ini banyak digunakan pada mobil modern. Velg aluminium menggantikan velg baja yang dulu banyak digunakan pada mobil tua. Dari segi material, aluminium atau velg menggunakan paduan aluminium dan silikon.

Pelek aluminium memiliki bobot yang lebih ringan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan. Material aluminium juga dinilai lebih mudah dibentuk. Harga velg aluminium sangat bervariasi, dari yang terjangkau hingga yang mahal, tergantung modelnya.

3. Pelek Karbon

Velg jenis ini menggunakan serat karbon sebagai bahan utamanya. Serat karbon dinilai kuat, memiliki daya tahan tinggi terhadap kondisi cuaca dan ringan. Bahan ini juga digunakan oleh supercar pada bodywork.

Roda serat karbon cenderung lebih mahal daripada roda lainnya. Mata gerinda jenis ini membutuhkan waktu pembuatan yang lebih lama dibandingkan dengan besi dan aluminium.

4. Velg Magnesium Alloy

Di Indonesia, velg berbahan magnesium terbilang langka. Meski begitu, velg magnesium memiliki daya tahan dan kekuatan yang lebih besar dibandingkan material lainnya.

Roda magnesium mampu menyerap gesekan rem, panas, dan tahan goncangan. Velg jenis ini memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap korosi atau karat. Karenanya, velg magnesium lebih banyak digunakan hanya di ajang balap mobil.

Jenis pelek berdasarkan konstruksi

Roda dapat dibedakan berdasarkan konstruksinya. Ada dua jenis velg berdasarkan konstruksinya yaitu split dan monoblock.

1. Pisahkan pelek

Roda jenis ini terdiri dari dua atau tiga bagian yang dipisahkan kemudian dipasang kembali. Velg split memiliki keunggulan mudah diperbaiki karena hanya perlu mengganti bagian yang rusak. Konon, roda split lebih berat dan lebih lemah dari roda monocoque.

2. Roda monoblok

Jenis velg monoblock ini terbuat dari satu logam utuh yang dibentuk menjadi velg. Roda monobloc dikenal memiliki kekuatan yang lebih baik daripada roda split dan lebih ringan. Meski begitu, velg monoblock harus diganti secara keseluruhan jika sudah rusak.

Baca juga:  Semua mobil Peugeot siap diangkut untuk Mudik Lebaran 2023

Baca juga: Perhatikan lima hal berikut ini sebelum mengganti velg mobil

Jenis pelek menurut pabrikan

Di bawah ini adalah jenis-jenis velg berdasarkan pabrikannya.

1. Roda Original Equipment Manufactured (OEM).

Velg jenis ini merupakan velg asli atau resmi yang dibuat langsung oleh pabrikannya.

2. Pelek Pengganti

Jenis velg aftermarket biasanya dibuat oleh pihak ketiga dan bukan oleh produsen mobil. Meski tidak diproduksi oleh pabrikan mobil, velg aftermarket tetap mengikuti standar komponen velg yang digunakan.

3. Replika roda

Replika adalah roda imitasi OEM dan aftermarket. Biasanya, velg replika dihargai lebih rendah. Namun, kualitasnya tentu di bawah velg OEM dan aftermarket.

Tips memilih velg mobil

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli velg. Berikut beberapa tips memilih velg yang tepat untuk mobil Anda, khususnya velg aftermarket.

1. Perhatikan ukuran roda

Sebelum memilih velg, perhatikan dulu ukuran velg sesuai spesifikasi mobil. Secara umum, ukuran roda dinyatakan dalam diameter, lebar, dan lubang baut. Sesuaikan spesifikasi ukuran velg dengan ban mobil.

2. Pilih desain roda

Roda hadir dalam berbagai desain, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Pilih desain roda sesuai dengan preferensi dan gaya mobil Anda.

3. Bahan Roda

Jenis roda pada mobil dapat dibedakan berdasarkan materialnya, yaitu baja, karbon, aluminium, dan magnesium. Velg dengan material aluminium dan baja memiliki bobot yang ringan, sedangkan velg baja lebih kuat dan cocok digunakan untuk off-road. Pilih bahan roda yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan berkendara Anda.

4. Pilih velg yang berkualitas

Saat memilih velg mobil, pastikan memilih velg yang berkualitas. Velg dengan kualitas yang baik tentunya dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan berkendara. Pilih merek roda dengan reputasi baik untuk kekuatan dan daya tahan.

Rekomendasi pelek mobil aftermarket

Bagi yang sedang mencari velg pengganti untuk mobil kesayangannya, berikut beberapa rekomendasi merk velg mobil berkualitas bagus.

1. Vossen

Roda Vossen
Roda Vossen

Salah satu velg yang sering digunakan para modder adalah Vossen. Velg merek asal Amerika Serikat ini tersedia dalam beberapa model. Diantaranya adalah HF, CV, VWS, VFS, hingga S17. Semua produk Vossen menawarkan kualitas yang baik dan diproduksi sesuai dengan standar internasional.

Baca juga:  Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Mobil SUV

Roda Vossen tersedia dalam diameter yang cukup besar, mulai dari 19 hingga 24 inci. Soal harga, velg merek Vossen dijual dengan harga mulai Rp6,5 juta untuk satu set.

2. Roda HSR

Velg HSR Wheels - velg mobil
Pelek roda HSR

Salah satu merk velg asli Indonesia adalah HSR Wheels. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013, HSR Wheels telah menjalani berbagai uji kelayakan produk. Mulai dari Standar Nasional Indonesia (SNI), Japan Alloy Wheel (JWL), hingga Vehicle Inspection Association (VIA).

Selain unggul dalam segi durabilitas, HSR Wheels juga memiliki ragam desain velg kekinian. Soal harga, HSR Wheels mulai Rp 4 jutaan untuk satu set velg.

3. Ras OZ

Roda Balap OZ
Roda Balap OZ

Velg merk Italia ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1990. Velg OZ Racing cukup populer di kalangan pecinta mobil di Indonesia karena bahannya yang kuat dan desainnya yang menarik.

Velg OZ Racing tersedia dalam beberapa tipe, antara lain Superturismo LM Limited Edition, Superturismo GT Limited Edition, bahkan OZ Racing Formula HLT. Velg ini dibanderol mulai dari Rp 6,5 juta per set.

4. Konig

roda konig
roda konig

Velg merek yang sangat populer ini sudah menjadi merek Jerman sejak tahun 1983. Velg Konig bisa menjadi pilihan bagi para pecinta otomotif dengan aliran JDM, Racing Look dan Street Racing.

Salah satu jenis roda Konig yang paling terkenal adalah Ampliform. Velg ini merupakan velg racing yang tersedia dari ring 15 hingga ring 22 inci. Harga velg Konig bisa dibilang cukup terjangkau, mulai dari Rp 3,7 juta per set.

5. Kunci

Roda Enkei - jenis roda mobil
Roda Enkei

Roda Enkei terkenal dengan kualitas dan desainnya yang bagus. Velg merk ini juga bisa digunakan untuk segala medan karena bentuknya yang tahan, nyaman dan anti jamur. Oleh karena itu, velg Enkei dapat digunakan dalam waktu lama dengan kualitas warna yang terjaga.

Untuk harga, velg Enkei dibanderol cukup tinggi, mulai Rp 12,5 juta untuk satu set.