Mengenal Jalur Pansela, Rute Alternatif Mudik Lebaran 2024

Mengenal Jalur Pansela, Rute Alternatif Mudik Lebaran 2024

Jakarta – Jalur Pantai Selatan atau disingkat jalur Pansela bisa saja menjadi pilihan jalur alternatif mudik lebaran 2024. 

Jalur Pansela membentang dari Pandeglang pada Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Meski tidaklah sepopuler jalur Pantura (Pantai Utara), namun jalur ini relatif sepi sehingga bisa jadi memangkas waktu tempuh menuju ke kampung halaman.

Selain itu, hadirnya jalur Pansela bisa saja memperluas pilihan bagi pemudik yang digunakan hendak melintas Pulau Jawa, yaitu pilihan jalur utara, jalan tol Trans Jawa, jalur tengah, dan juga pilihan jalur selatan. Lantas, seperti apa rute mudik jalur pansela? Berikut informasinya.

Apa Itu Jalur Pansela?

Jalur Pansela adalah jalur mudik yang mana melintasi wilayah selatan, dimulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Jalur ini membentang dengan total panjang 1.311,32 km dari rencana awal sepanjang 1.545 km.

Jalur ini dibangun oleh Kementerian PUPR sebagai upaya peningkatan serta pengembangan jalan lintas antar provinsi. 

Jalur Pansela dikembangkan sebagai solusi untuk menghurangi kepadatan setelah itu lintas di dalam jalur utara (Pantura) dan juga berada dalam Pulau Jawa. Pengembangan jalur Pansela juga bertujuan untuk menurunkan kesenjangan ekonomi, serta meningkatkan prospek wisata. 

Baca juga:  Bale santai pengguna motor honda jalur mudik jawa barat perhatikan lokasi

Jalur Pansela dikenal memiliki jalanan yang mana berliku-liku juga berpotensi berbahaya jikalau pengemudi tidaklah terampil mengendalikan kendaraan. Meskipun relatif sepi, namun jalur ini menawarkan pemandangan indah pesisir yang dengan segera menghadap Samudra Hindia.

Daya tarik utama dari jalur Pansela ini adalah pemandangan pantai serta bukit-bukit yang digunakan indah. Selama perjalanan di jalur Pansela, para pemudik dapat menemukan banyak tempat wisata kemudian kuliner mengejutkan untuk dikunjungi. 

Selain itu, jalan ini juga dilengkapi dengan rest area untuk memfasilitasi pengguna jalan agar dapat beristirahat sejenak.

Rute Mudik Jalur Pansela

Jalur Pansela menghubungkan rute yang mana sejajar dengan Jalur Pantura yaitu Cilegon–Anyer–Pangandaran–Cilacap-Kebumen-Kulonprogo-Wonosari–Wonogiri-Pacitan-Trenggalek-Lumajang-Jember-Banyuwangi. 

Jalur ini mengikuti garis pantai selatan Jawa dan juga melintasi 5 provinsi ke sepanjang pesisir selatan Pulau Jawa, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian Jawa Timur.

Jika memulai perjalanan dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Banyuwangi, maka pengemudi akan menyeberangi 23 kabupaten dalam jalur Pansela. Berikut adalah rute mudik dalam jalur Pansela:

  • Jalur Pansela Banten meliputi Kab. Serang, Kab. Pandeglang, lalu Kab. Lebak.
  • Rute jalur Pansela Jawa Barat meliputi Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Garut, Kab. Bandung, Kab. Tasikmalaya, dan juga Kab. Pangandaran.
  • Jalur Pansela Jawa Tengah meliputi Kab. Cilacap, Kab. Kebumen, juga Kab. Purworejo.
  • Jalur selatan Jogja (DIY) meliputi Kab. Kulonprogo, Kab. Bantul, juga Kab. Gunungkidul.
  • Jalur lintas selatan Jawa Timur meliputi Kab. Pacitan, Kab. Trenggalek, Kab. Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Malang, Kab. Lumajang, Kab. Jember, serta Kab. Banyuwangi.
Baca juga:  Sedang Mencari Mobil Keluarga untuk Mudik Lebaran? Daihatsu Xenia 2023 Patut Dipertimbangkan

RIZKI DEWI AYU | ANTARA

Artikel ini disadur dari Mengenal Jalur Pansela, Rute Alternatif Mudik Lebaran 2024