Mengantisipasi Banjir, Puluhan Warga Pangandaran Bersihkan Saluran Air

  • Bagikan
Puluhan masyarakat Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, mengantisipasi terjadinya banjir (Foto: Kiki Masduki/SP)

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, puluhan warga Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, melakukan pengerukan dan pembersihan saluran air, Selasa (7/7/2021).

Puluhan masyarakat Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, mengantisipasi terjadinya banjir (Foto: Kiki Masduki/SP)

Penjabat sementara Kepala Desa Legokjawa Yanto Irawan mangatakan, pengerukan dan pembersihan saluran air bertujuan untuk melancarkan saluran air yang tersumbat agar ketika curah hujan tinggi saluran air dapat berfungsi dengan baik sehingga tidak terjadi banjir.

Menurut Yanto, kegiatan ini merupakan salah satu peran aktif masyarakat dalam mengatasi masalah lingkungan.

“Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan mengingat seringnya hujan melanda daerah Desa Legokjawa dan sekitarnya,” kata Yanto.

“Ini merupakan langkah yang baik dalam mencegah dan menanggulangi banjir di Desa Legokjawa. Kami selaku Kepala Desa merasa senang dapat terlibat langsung dalam kegiatan yang baik ini,” ungkapnya.

“Permasalahan banjir merupakan tanggung jawab kita bersama, tidak hanya pemerintah dan aparat tapi juga merupakan tanggung jawab masyarakat sekitar,” jelasnya.

Lanjut Yanto, kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan tempat tinggal merupakan hal penting dalam upaya mencegah terjadinya bencana banjir di lingkungan masyarakat.

Baca juga:  Bupati┬áJeje Wiradinata Targetkan 2021 Tidak ada Rumah Warga yang Reyot

“Setelah kegiatan ini diharapkan masyarakat sekitar dapat tetap menjaga kebersihan saluran air dan mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah rumah tangga ke saluran air,” paparnya. (Kiki Masduki)

  • Bagikan