Malware Terdeteksi di Lebih dari 20 Juta Unduhan

McAfee, yang memproduksi perangkat lunak keamanan, baru-baru ini mengeluarkan peringatan terhadap perangkat lunak berbahaya yang mengancam perangkat Android dan telah diunduh lebih dari 20 juta kali. Aplikasi ini dapat menyebabkan masalah yang berbeda.

Orang jahat memiliki metode berbeda untuk mendapatkan keuntungan secara ilegal. Salah satu metode tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang bervariasi sesuai dengan metode yang mereka pilih, dengan menerbitkan aplikasi berbahaya yang tampaknya bebas masalah . Salah satu metode ini adalah dengan menggunakan perangkat lunak clicker untuk menghasilkan pendapatan iklan.

Dalam posting blog , McAfee mengungkapkan bahwa beberapa aplikasi dengan total lebih dari 20 juta unduhan hingga saat ini juga melayani tujuan ini. Secara total, malware ini ditemukan di 16 aplikasi.

Berikut adalah aplikasi yang mengandung malware

BusanBus (com.kmshack. BusanBus)
Konverter Mata Uang (com.smartwho. SmartCurrencyConverter)
EzDica (com.joysoft.ezdica)
EzNotes (com.meek.tingboard)
Senter+ (com.candlencom.candleprotest)
Senter+ (com.dev.imagevault)
Senter+ (kr.caramel.flash_plus)
Kamera Kecepatan Tinggi (com.hantor. CozyCamera)
Pengunduh Profil Instagram (com.schedulezero.instapp)
Joycode (com.joysoft.barcode)
K-Kamus (com.joysoft.wordBook)
QuickNote (com.movinapp.quicknote)
Manajer Tugas Cerdas (com.james. SmartTaskManager)

Baca juga:  Facebook Menghapus Beberapa Informasi Pribadi Dari Profil Pengguna Mulai 1 Desember

Aplikasi dengan perangkat lunak clicker tampaknya merupakan alat yang sederhana dan berguna. Setelah beberapa saat, aplikasi semacam itu memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan ilegal dengan menjalankan iklan di latar belakang dengan cara yang tidak terlihat oleh pengguna. Hal ini menyebabkan baterai cepat habis dan perangkat keras berada di bawah beban lebih.

Selain itu, dimungkinkan untuk mengunduh perangkat lunak berbahaya lainnya dengan mengirimkan pemberitahuan seolah-olah itu adalah pembaruan Android atau pembaruan aplikasi lain melalui aplikasi ini . Ini dapat menyebabkan masalah yang berbeda.

Sementara McAfee mengumumkan bahwa mereka memberi tahu Google dan pihak terkait tentang masalah tersebut , aplikasi tersebut telah dihapus dari Google Store.