Bola  

Kroasia vs Belgia – Menurut Statistik

Belgia telah memenangkan dua pertemuan terakhir mereka dengan Kroasia di semua kompetisi, dengan Romelu Lukaku mencetak ketiga gol mereka dalam kemenangan ini.

Ini adalah pertemuan Piala Dunia FIFA pertama antara Kroasia dan Belgia. Kroasia hanya kalah dua kali dari 10 pertemuan mereka dengan sesama negara Eropa di kompetisi (W6 D2), dengan kedua kekalahan itu datang dari Prancis (semifinal 1998, final 2018).

Kroasia telah mencetak lebih dari sekali hanya dalam satu dari delapan pertemuan mereka dengan Belgia di semua kompetisi, menang 4-0 pada Maret 2003 di kualifikasi Kejuaraan Eropa – mereka hanya mencetak lima gol dalam tujuh pertandingan lainnya dengan Setan Merah.

Terakhir kali, Kroasia mencetak empat gol dalam satu pertandingan Piala Dunia untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka, juga melakukannya melawan Kamerun pada 2014 (4-0). Kroasia telah memenangkan empat dari lima pertandingan penyisihan grup terakhir mereka di Piala Dunia (S1), sebanyak dalam 12 pertandingan pertama mereka digabungkan (M4 S2 K6).

Baca juga:  Pelatih Ghana Addo optimistis bisa meraih hasil bagus melawan Korea Selatan

Kekalahan 2-0 Belgia dari Maroko pada matchday dua mengakhiri 13 pertandingan tak terkalahkan di pertandingan penyisihan grup Piala Dunia (W8 D5), mereka terakhir kali kalah berturut-turut di pertandingan grup Piala Dunia antara 1982 dan 1986 (tiga kali berturut-turut).

Belgia hanya mencetak satu gol dari total 19 tembakan di Piala Dunia 2022, tingkat konversi hanya 5 persen – tingkat terendah mereka dalam satu edisi Piala Dunia sejak 1982 (3 persen – 3 gol dari 93 tembakan). ).

Kroasia telah menghindari kekalahan dalam empat dari lima pertandingan Piala Dunia terakhir di mana mereka kebobolan gol pertama (W2 D2), dengan semua lima pertandingan terjadi sejak awal edisi 2018. Sebelum menjalankan ini, Kroasia hanya memenangkan satu dari enam pertandingan Piala Dunia sebelumnya di mana mereka kebobolan gol pertama (W1 L5), menang 2-1 melawan Italia pada tahun 2002.

Thibaut Courtois bisa tampil ke-100 untuk Belgia dalam pertandingan ini dan akan menjadi penjaga gawang pertama yang mencapai tonggak sejarah ini untuk tim nasional pria dan pemain ketujuh secara keseluruhan setelah Jan Vertonghen, Axel Witsel, Toby Alderweireld, Eden Hazard, Dries Mertens dan Romelu Lukaku.

Baca juga:  Dua gol Mohamed Kudus bawa Ghana menang atas Republik Korea

Ivan Perišic telah terlibat langsung dalam 16 gol di Piala Dunia dan gabungan EURO (9 gol, 7 assist), enam lebih banyak dari pemain Kroasia lainnya. Melawan Kanada, Perišic menjadi pemain Kroasia pertama yang memberikan dua assist dalam satu pertandingan turnamen besar (Piala Dunia + Euro).

Pada matchday dua, Andrej Kramaric menjadi pemain kedua yang mencetak dua gol untuk Kroasia di Piala Dunia setelah Mario Mandžukic pada 2014 melawan Kamerun. Kramaric ingin menjadi pemain Kroasia keempat yang mencetak tiga gol atau lebih dalam satu Piala Dunia setelah Davor Suker pada 1998 (6), Mario Mandzukic pada 2018 (3) dan Ivan Perisic pada 2018 (3).