KPU Pangandaran Umumkan Syarat Calon Perseorangan Pada Pilkada 2020

0
312

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran mengumumkan penyerahan persyaratan dokumen dukungan pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran jalur perseorangan dalam Pilkada Pangandaran 2020.

“Penyerahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan adalah 19–23 Februari 2020,” kata Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, di Parigi, Rabu (4/12/2019).

Muhtadin mengatakan, sesuai ketentuan PKPU No.3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan pada Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur,Bupati Wakil Bupati dan Walikota Wakil Walikota, menyebutkan Bagi Kabupaten/kota dengan jumlah penduduk termuat dalam DPT 250 sampai 500 jumlah dukungan minimal 8,5 persen dari jumlah penduduk yang termuat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir.

“Untuk Kabupaten Pangandaran dengan jumlah pemilih dalam DPT pemilu terakhir sebanyak 320.118 orang, maka minimum dukungan adalah sebanyak 8,5 persen dari total jumlah tersebut,” ucapnya.

Dikatakan Muhtadin, jika dikalikan dengan jumlah pemilih dalam DPT, maka untuk dukungan minimal untuk calon perseorangan, akan diperoleh angka 27.211 orang di Kabupaten Pangandaran dengan pembagian desimal ditarik ke atas sesuai PKPU.

“Nah sedangkan untuk persebarannya di kecamatan, yakni harus memenuhi minimal lebih dari 50 persen dari total kecamatan di kabupaten Pangandaran,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam artian dikarenakan Kabupaten Pangandaran ada 10 Kecamatan maka lebih dari 50 persen dari 10 adalah 6 kecamatan. Sehingga untuk persebaran dukungan calon perseorangan di daerah ini harus ada di minimal 6 Kecamatan.

Adapun dokumen yang diserahkan oleh bakal pasangan calon perseorangan kepada KPU Kabupaten Pangandaran pada masa penyerahan dokumen dukungan, yakni satu rangkap asli surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung yang ditempel dengan fotokopi KTP elektronik atau dilampiri surat keterangan (Formulir Model B.1-KWK Perseorangan).

Selain itu, satu rangkap asli hasil cetak B.1.1-KWK Perseorangan yang dicetak dari Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan ditandatangani oleh bakal pasangan calon dan satu rangkap asli hasil cetak B.2-KWK Perseorangan yang dicetak dari Silon.

“Sedangkan Formulir Model B.1-KWK Perseorangan dan Formulir B.1.1-KWK Perseorangan wajib dikelompokkan berdasarkan wilayah desa,” katanya.

Seluruh berkas tersebut bisa diperoleh dengan cara mendowload diwebsite KPU Pangandaran di https://kab-pangandaran.kpu.go.id atau bisa datang langsung meminta berkas tersebut ke sekertariat KPU Pangandaran.

Muhtadin juga menyampaikan, hal penting bagi pasangan bakal calon perseorangan di Pilkada Kabupaten Pangandaran 2020 adalah, mereka harus menyiapkan tim operator yang akan di bimbing langsung oleh KPU Kabupaten Pangandaran dalam penggunaan aplikasi Silon (Sistem Informasi Pencalonan). (*)

Silahkan berkomentar dengan santun