Komputer Server Kantor, Simak Tips Memilih dan Spesifikasinya

  • Bagikan
komputer server kantor
catapultsystems.com

Spesifikasi komputer server kantor sangat berbeda dengan spesifikasi untuk komputer kerja atau workstation. Komputer kerja atau yang disebut dengan komputer rumahan hanya melayani kebutuhan satu pemakai saja, maka tidak memerlukan spesifikasi tingkat tinggi.

Namun sebaliknya, komputer server dirancang untuk melayani banyak pengguna sekaligus. Pada umumnya komputer ini digunakan untuk menyimpan data kolektif yang dapat diakses oleh semua orang yang mempunyai akses.

komputer server kantor
catapultsystems.com

Spesifikasi Komputer Server Kantor

Prosesor

Spesifikasi yang pertama adalah mengenai prosesor yang sering tersemat pada komputer server adalah Intel Seri Xeon. Prosesor ini mempunyai frekuensi turbo pada varian terbaru. Oleh karena itu sangat diandalkan untuk menjalankan tugas sebagai server. Komputer server terbaik biasanya menggunakan prosesor terbaik pula

RAM

Untuk RAM pada komputer server, tentu memerlukan RAM yang lebih tinggi dari komputer biasa. Pastikan di dalam komputer server yang Anda gunakan terdapat RAM lebih dari 8GB.

Media Penyimpanan

Dalam komputer server tentu banyak tersimpan data di dalamnya. Maka Anda perlu menggunakan penyimpanan yang besar.

Terdapat dua hal yang perlu Anda pertimbangkan pada saat memilih perangkat penyimpanan untuk komputer server, yakni jenis perangkat serta kapasitas.

Sedangkan untuk jenisnya, Anda dapat menggunakan HDD. Akan tetapi jenis SSD lebih baik karena mempunyai kecepatan penyimpanan yang lebih tinggi dari HDD.

Komponen Pendukung

Meskipun komponen pendukung, akan tetapi komponen ini tidak kalah penting dalam mendukung kinerja komputer server.

Berbagai komponen pendukung tersebut antara lain OS atau sistem operasi. Selain itu install kartu grafis atau graphic card. Kartu ini akan meringankan kinerja komputer server kantor.

Bagi Anda yang sedang mencari komputer server kantor, maka pastikan Anda sesuaikan dengan spesifikasi di atas. Pilihlah komputer server yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Bagikan