Komisi II DPR Sentil Bawaslu Soal Wacana Tunda Pilkada 2024

MerahPutih.com – Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang menanggapi usulan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) tentang penundaan Pilkada 2024. Perlombaan politik pemilihan kepala daerah seharusnya digelar pada November 2024.

Junimart menyebut usulan Bawaslu terlalu mengada-ada. Pasalnya, dalam kesempatan dengar pendapat bersama KPU, DKPP, dan pemerintah, disepakati Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU.

Baca juga:

Pajangan kampanye pemilu 2024 dilarang dipasang di rumah sakit dan sekolah

“Sekarang Bawaslu sedang membahas (penundaan Pilkada), menurut saya sudah melampaui kewenangannya, melebihi tugas dan fungsinya,” kata Junimart, Jumat (14/7) ini.

Politisi PDI Perjuangan (PDIP) juga menyoroti pidato penundaan Pilkada yang dikait-kaitkan Bawaslu dengan masalah keamanan karena penyelenggaraan pilkada bertepatan dengan masa pergantian presiden.

Junimart menegaskan, keamanan bukan domain Bawaslu, tapi domain penegak hukum. Ia meminta Bawaslu bekerja sesuai tugasnya.

“Nggak usah. Pengamanan itu polisi, bisa dibantu TNI. Atau Bawaslu juga mau dapat senjata?” ujarnya.

Baca juga:

Bawaslu mengungkap potensi masalah di Pilkada 2024

Lebih lanjut Junimart menegaskan, Bawaslu tidak berhak mengeluarkan orasi terkait penundaan Pilkada. Menurutnya, fungsi Bawaslu berada di bawah pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum.

Baca juga:  Komitmen Tampil Melawan Timnas Indonesia, Emiliano Martinez Rela Tunda Liburannya

“Harus murni, bekerja di bawah pengawasan. Ya, namanya Bawaslu, badan pengawas pemilu. Ya, awas saja, lho. Bukan tugas Anda untuk mengatakan penundaan,” ujarnya.

Kemudian, Junimart juga menyayangkan sikap Bawaslu yang mengeluarkan pernyataan pidato penundaan Pilkada ke publik. Seharusnya Bawaslu membuka komunikasi dengan Komisi II terlebih dahulu.

“Kenapa harus publik? Apa yang salah dengan Bawaslu? Bawaslu tidak boleh berpolitik,” kata Junimart. (Lb)

Baca juga:

Partai politik harus memperhatikan minat Gen Z pada pemilu 2024 dengan serius



Source link