PANGANDARAN, (SP)  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran akan segera menyerahkan hibah tanah untuk pembangunan Komando Distrik Militer (Kodim) Kabupaten Pangandaran.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan bahwa Pemkab sudah menyediakan tanah seluas 5 Hektare di Kawasan Cintakarya Kecamatan Parigi.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan ada penyerahan tanah hibah kepada Kodam,” ujarnya saat mengikuti kegiatan Gowes Kemerdekaan Minggu (25/8/2019).

Menurut Jeje, paling lambat pada tahun 2021 markas Kodim sudah bisa dibangun di tanah hibah tersebut. Seingga pemerintahan di Kabupaten Pangandaran, semakin lengkap.

Jeje menegaskan, Pangandaran butuh keberadaan Kodim, karena sebagai daerah perbatasan dengan negara lain dan sangat rentan disusupi oleh imigran ilegal.

Lanjut dia, panjang pantai pangandaran yang mencapai 91 Kilometer itu, bisa juga menjadi celah bagi kejahatan lainya.

“Tentu bisa menjadi celah untuk masuk bagi gangguan apapun, geopolitik dan lain-lain,” terangnya.

Sementara ditempat yang sama, Wakil Kepala Staff Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman mengatakan bahwa dirinya sudah berbincang dengan Bupati Jeje terkait penyediaan lahan untuk dibangun Kodim. “Nanti Pangdam bisa mengajukan untuk pembangunannya dan saya kira sebagai daerah yang memiliki pantai yang cukup panjang, perlu ada pengawasan Kodim Pangandaran Dibangun 2021, Pemkab Siapkan Lahan 5 Hektar, katanya.

Baca juga:  Libur Imlek, Wisatawan Serbu Objek Wisata di Pangandaran

Menurut dia, jika sudah diajukan maka akan dilakukan perencanaan pembangunan dalam kurun waktu satu tahun dan akan direalisasikan di tahun yang ke-2.

“Jadi Kalau sudah dihibahkan ke TNI, nanti langsung diajukan untuk pembangunan,” ucapnya. (IM)