Klaim Anies Baswedan kemudian Muhaimin Iskandar Bisa Menang Satu Putaran, PKB Enggan mengungkap Hasil Survei Internal

Klaim Anies Baswedan kemudian Muhaimin Iskandar Bisa Menang Satu Putaran, PKB Enggan mengungkap Hasil Survei Internal

SEPUTARPANGANDARAN.COM, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, enggan membuka hasil survei internal yang digunakan dikerjakan Koalisi Perubahan masalah elektabilitas pasangan Anies Baswedan lalu Muhaimin Iskandar. Sebelumnya Muhaimin mengklaim mereka bisa saja memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan satu putaran belaka melihat hasil survei itu.

Jazilul menyatakan hasil survei itu memang bukan untuk konsumsi umum. “Tidak dipublikasi kepada siapa pun,” kata Jazilul kepada Tempo, Sabtu, 4 November 2024.

Survei itu, menurut Jazilul, bersifat internal untuk kepentingan pemenangan pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Survei internal yang dimaksud fungsinya semata-mata untuk kepentingan merumuskan langkah serta strategi pemenangan AMIN,” kata Jazilul.

Klaim Muhaimin sanggup menang 1 putaran

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar mengklaim dia kemudian Anies Baswedan memiliki prospek untuk memenangkan Pilpres 2024 satu putaran. Hal itu dia nyatakan berdasarkan hasil survei internal Koalisi Perubahan. 

“Melihat tanda-tandanya, satu putaran menang itu juga ada. Peluang yang tersebut ada akibat survei terbaru kami,” kata pria yang akrab dalam sapa Cak Imin itu di dalam kantor PKB, Jakarta, Jumat, 3 November 2023.

Baca juga:  Muhaimin Iskandar Ungkap Alasan Dulu Dukung IKN

Berdasarkan hasil survei itu, menurut dia, elektabilitas ketiga pasangan calon presiden kemudian calon duta presiden masih dalam posisi yang digunakan setara. 

“Bahkan survei saat ini sampai pada level sekarang tiga calon identik persis, jadi 100 terbagi tiga ada floating sedikit, ada floating beberapa persen,” kata Cak Imin.

Anies tak percaya hasil survei

Sementara itu, Anies Baswedan menyatakan tak percaya dengan hasil survei yang kerap dipublikasikan kepada masyarakat. Sejumlah lembaga survei selalu menempatkan Anies bersama Muhaimin berada di tempat posisi ketiga, tertinggal cukup terpencil dari dua pesaingnya, pasangan Ganjar Pranowo juga Mahfud Md serta Prabowo Subianto kemudian Gibran Rakabuming Raka.

Anies menyatakan lebih besar percaya dengan pernyataan Jazilul Fawaid bahwa pasangan AMIN akan memenangkan kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

“Iya, saya lebih banyak percaya Gus jazilul dari pada yang menyelenggarakan itu (survei),” kata Anies pada Kafe Pedjuang, Jalan Duren Tiga Raya, Jakarta Selatan, Jumat, 6 Oktober 2023.

Anies pun menyatakan tak mau terlalu memikirkan hasil survei. DIa menyatakan akan fokus menjangkau konstituennya untuk mengirimkan pesan dan juga membangun perubahan ke depannya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyatakan akan fokus terhadap progam untuk memenuhi kebutuhan pokok yang menjadi prioritasnya.

Baca juga:  Ganjar Serap Aspirasi Gen Z, Pelaku UMKM, hingga Influencer di area Madiun

“Supaya harga-harga kebutuhan pokok khususnya beras menjadi terjangkau. Dan ini yang tersebut kita perjuangkan, ini yang dimaksud menjadi fokus kita,” kata dia.

Pasangan Anies Baswedan kemudian Muhaimin Iskandar diusung oleh Koalisi Perubahan yang mana terdiri dari PKB, Partai NasDem dan juga Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Sumber: tempo