Mobil  

Ketahui 10 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil

momobil.id – Orang sering gugup dan takut saat belajar mengendarai mobil. Ketakutan biasanya muncul karena mengantisipasi beberapa hal, salah satunya adalah ketakutan akan resiko kecelakaan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara menghilangkan rasa takut mengendarai mobil.

1. Hindari mengemudi sendirian

Salah satu faktor yang memicu kegugupan adalah mengemudi sendirian. Jika Anda masih merasa takut selama beberapa minggu pertama, cobalah melakukan perjalanan singkat dengan orang lain menggunakan kendaraan.

Berkendara dengan orang lain dapat membantu pengemudi untuk lebih rileks selama perjalanan. Setelah terbiasa mengemudi, pengemudi dapat mulai melakukan perjalanan singkat sendiri.

2. Belajar mengemudi dengan profesional

Belajar mengemudi dengan profesional bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa takut Anda dalam berkendara. Pakar di bidang mengemudi pasti tahu bagaimana menghadapi pengemudi pemula. Seorang profesional dapat memberikan tip dan saran untuk meningkatkan keterampilan mengemudi Anda.

3. Visualisasikan Secara Positif

Gunakan teknik visualisasi positif saat berlatih mengemudi untuk mengurangi rasa takut dan gugup. Bayangkan diri Anda mengemudi dengan percaya diri. Latih pikiran Anda untuk mengemudi dengan perasaan positif.

Baca juga:  Lihat mobil koleksi Kepala Posyandu Lampung Reihana, ada dua mobil Mercedes-Benz

4. Pahami fungsi masing-masing komponen kendaraan

Sebelum mengendarai mobil, pahami dulu masing-masing komponen kabin dan fungsinya. Misalnya bagian pedal di bawah kabin berfungsi untuk bermanuver, tuas transmisi berfungsi sebagai pengatur tenaga dan kecepatan kendaraan, serta rem berfungsi untuk memperlambat kendaraan. Mengetahui seluruh komponen kabin tentunya dapat mengurangi rasa takut dalam berkendara.

Baca juga: Tips berkendara di jalan tol dengan sistem satu arah

5. Atur posisi duduk yang nyaman sebelum berkendara

Sebelum mengendarai mobil, atur terlebih dahulu posisi duduk. Posisi duduk yang nyaman tentunya membuat suasana berkendara menjadi lebih tenang. Sesuaikan ketinggian tempat duduk sesuai kebutuhan agar jarak pandang ke jalan tidak terhalang oleh dasbor. Atur juga jarak antara jok dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan sampai posisi duduk terlalu jauh dan menyulitkan saat menginjak pedal.

6. Mulailah berlatih mengemudi di lingkungan yang nyaman

Sebagai tahap awal, mulailah berlatih berkendara di lingkungan yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Misalnya seperti area parkir, jalan yang sepi atau jalan di sekitar rumah. Setelah terbiasa menjelajahi jalanan yang lebih sepi, para pemula bisa mulai menjelajahi jalanan yang lebih ramai.

Baca juga:  Mudah! Begini Cara Menambahkan dan Mengubah Subtitle di YouTube

7. Bersepeda di siang hari

Salah satu hal yang harus dihindari oleh pengemudi pemula adalah mengemudi di malam hari. Pemula akan lebih memperhatikan mengemudi di malam hari karena objek seperti hewan, kendaraan, atau orang akan lebih sulit dilihat.

Berlatihlah mengemudi di siang hari sampai Anda terbiasa. Setelah Anda mengatasi rasa takut mengemudi di siang hari, jelas bahwa pengemudi pemula akan lebih mudah mengatasi rasa takut mengemudi di malam hari.

8. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

Mengatasi rasa takut mengemudi membutuhkan kesabaran dan waktu. Jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri saat merasa cemas atau melakukan kesalahan saat mengendarai mobil. Ambil langkah kecil dan tetap fokus pada kemajuan saat mengemudi.

9. Pelajari mengemudi defensif

Defensive driving adalah cara berkendara yang mengutamakan keselamatan. Secara umum, defensive driving menerapkan lima prinsip dasar: menjaga kecepatan, menjaga jarak aman, komunikasi, kontak mata, dan antisipasi.

Belajar defensif driving mampu mengatasi kepanikan dan ketakutan saat berkendara. Selain itu, pengemudi dapat lebih waspada dan siap menghadapi segala potensi bahaya saat berada di jalan raya.

Baca juga:  Harga Mobil KIA Seltos: Spesifikasi, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan Update Mei 2023

10. Ikuti Kursus Mengemudi

Alasan utama mengapa orang takut mengemudi adalah kurangnya keterampilan mengemudi. Untuk mengatasinya, mengikuti kursus pelatihan mengemudi adalah hal yang tepat. Dengan mengikuti kursus mengemudi, para pemula dapat memperoleh pengalaman dalam pengendalian kemudi dengan didampingi oleh instruktur profesional. Pengemudi juga lebih siap menghadapi situasi yang mungkin timbul di jalan raya.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi rasa takut berkendara. Untuk tips dan trik lainnya, klik Di Sini!