LANGKAPLANCAR, (SP) – Kebakaran menimpa sebuah pabrik pengolahan kayu milik Sukmana( 45 ) di Dusun Sukasirna RT 02 RW 03 Desa Bungur Raya Kecamatan  Langkaplancar Kabupaten Pangandaran, Rabu 18 September 2019 sekitar pukul 18.30 WIB.

Ketua Regu Damkar Kabupaten Pangandaran, Hendri Herdianto menyampaikan, kemungkinan besar api bersumber dari arus pendek listrik yang merambat ke serbuk kayu bekas pemotongan.

Akibatnya pabrik pengolahn kayu seluas 50 m2 ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 60 juta.

Hendri menuturkan, berdasarkan keterangan saksi mata, Susbianto (40), saat diketahui api sudah membesar di atap dekat mesin potong. Kemudian meminta dia, meminta tolong pada warga sekitar.

Sebelum tim pemdam datang ke lokasi, warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun karena terkendala dan khawatir api merambat lebih luas ke salahsatu rumah warga, maka warga menelepon petugas Damkar.

Jauhnya jarak tempuh, membuat armada damkar baru  satu jam kemudian tiba ke lokasi untuk memadamkan dan pendinginan.

Selain itu, kata Hendri diwaktu bersamaan kebakaran juga terjadi pada lahan di dekat Goa Lanang, Desa Selasari. Namun karena keterbatasan  armada damkar, kebakaran di Desa Selasari tidak dapat tertangani.

Hendri pun menyampaikan, pihaknya berharap ada penambahan armada dan posko damkar, pasalanya Kabupaten Pangandaran memiliki wilayah yang sangat luas. (*)