Kata Politikus Golkar perihal Kabar Bima Arya Diusung PAN Maju Pilgub Jawa Barat

Kata Politikus Golkar perihal Kabar Bima Arya Diusung PAN Maju Pilgub Jawa Barat

Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat atau DPP Partai Golkar Dave Laksono merespons kabar tentang majunya Bima Arya Sugiarto sebagai calon gubernur Jawa Barat pada pemilihan kepala daerah 2024. Bima Arya pada masa kini sudah ada mendapat surat rekomendasi dari Partai Amanat Nasional atau PAN.

“Mas Bima itu sahabat saya sejak lama, kemudian kami setiap saat saling membantu karier masing-masing,” kata Dave ketika dihubungi, Sabtu, 8 Juni 2024.

Ia mengatakan, bahwa Partai Golkar masih berfokus untuk menjalin komunikasi dengan partai-partai lain di upaya pencarian calon terbaik untuk pemilihan kepala daerah Jawa Barat. Salah satu nama yang dimaksud santer diberitakan maju dalam Jawa Barat ialah Ridwan Kamil.

“Saat ini Kang Emil mempunyai surat tugas untuk (maju di) Jawa Barat serta Jakarta,” ucapnya. Namun, ia belum mampu menjawab ke mana nantinya Ridwan Kamil bajal diusung sebagai calon gubernur. Ia menyatakan, bahwa partainya tiada mau tergesa-gesa untuk mengambil kesimpulan.

Sebelumnya, DPP PAN dikabarkan mengusung bekas Wali Pusat Kota Bogor Bima Arya Sugiarto untuk maju di Pemilihan Pemimpin wilayah Jawa Barat 2024. 

Baca juga:  Legislator Golkar Dorong Transformasi Pengawasan Internal Kemenkeu

Berdasarkan surat rekomendasi DPP PAN yang dimaksud dilihat Tempo, Tim pemilihan gubernur DPP PAN sudah menyetujui kemudian merekomendasikan Bima Arya Sugiarto untuk maju sebagai akan segera calon gubernur Jawa Barat periode 2024-2029. Surat yang disebutkan bernomor 1009/PILKADA/VI/2024.

“Tim Pemilihan Kepala Daerah DPP Partai Amanat Nasional menyetujui juga merekomendasikan untuk Bima Arya Sugiarto sebagai akan segera calon gubernur Jawa Barat periode 2024-2029,” bunyi surat tersebut. 

Tim pemilihan gubernur DPP PAN juga menugaskan Bima Arya untuk mencari akan segera calon pendampingnya. 

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno membenarkan surat rekomendasi untuk Bima Arya tersebut. Namun ia menyampaikan surat rekomendasi itu belum kebijakan final lantaran PAN memang benar menawarkan dua kadernya, Bima Arya dan juga Desy Ratnasari, untuk mitra koalisi untuk Pilgub Jabar.

“Belum ada kata ‘akhir’ (dalam langkah siapa yang dimaksud diusung). Seperti saya katakan pada atas: kita menawarkan Desy kemudian Bima,” kata Eddy pada arahan singkat untuk Tempo, Hari Sabtu 8 Juni 2024. 

Baca juga:  PKS Rayu Golkar Gabung Koalisi Perubahan Lewat Pantun

NOVALI | EKA YUDHA SAPUTRA

Artikel ini disadur dari Kata Politikus Golkar soal Kabar Bima Arya Diusung PAN Maju Pilgub Jawa Barat