Kabar Duka, Tokoh Ulama Banten Abuya Uci Meninggal Dunia

  • Bagikan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Tokoh ulama dari Banten sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Tangerang, Abuya Thurtusi atau yang akrab dikenal sebagai Abuya Uci meninggal dunia pada Selasa (6/4/2021) pagi. Ketua MUI Cholil Nafis membenarkan bila Abuya Uci meninggal dunia pada hari ini.

“Meninggal dunia pada Selasa hari ini, keluarga juga sudah membenarkan,” kata Cholil kepada CNNIndonesia.com, Selasa (6/4)

Meski demikian, Cholil tak menyebut penyebab Abuya Uci meninggal dunia. Cholil mengenang Uci sebagai seseorang ulama yang santun dan mampu mengayomi dan berbaur di pelbagai unsur masyarakat.

“Ini perlu dilanjutkan kepada kita dakwah-dakwahnya,” kata Cholil.

Kabar duka meninggalnya Abuya Uci juga ramai disampaikan oleh pelbagai tokoh dan pejabat di Banten di sosial media.

Salah satunya ucapan duka datang dari Gubernur Banten Wahidin Halim melalui media sosial resminya. Selain itu, Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah, dan Wali Kota Serang Syafruddin juga mengucapkan hal senada.

Dilansir dari situs resmi NU, Abuya Uci merupakan sosok ulama karismatik. Abuya Uci berasal dari Kampung Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

Abuya Uci konsisten menggunakan bahasa Sunda dalam memberikan ceramah dan dakwahnya. Hal itu menyebabkan mudah dipahami oleh masyarakat Banten.

Abuya Uci juga dikenal sangat dekat dengan Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Semasa hidup, Gus Dur pernah beberapa kali mengisi pengajian di pesantren Cilongok.

(rzr/ugo)

3 Pembaca
  • Bagikan