Kabar baiknya, kini penumpang Transjakarta sudah bisa melepas masker

Meski begitu, Pemerintah tetap menganjurkan agar masyarakat memakai masker tertutup dengan baik jika berada dalam situasi tidak sehat atau berisiko. Baik sebelum maupun selama perjalanan serta beraktivitas di fasilitas umum.

Selain itu, Pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk membawa hand sanitizer atau menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan. Masyarakat dalam situasi tidak sehat dan berisiko tertular atau menularkan Covid-19 sebaiknya menjaga jarak atau menghindari keramaian.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk membantu memantau kesehatan diri.

Sementara itu, bagi mereka yang melakukan kegiatan berskala besar tetap harus berusaha melindungi diri dari penularan Covid-19. Standar ini juga ditujukan kepada pengelola dan operator sarana transportasi, peralatan umum dan kegiatan besar.

Beberapa upaya yang harus dilakukan antara lain tetap melindungi masyarakat melalui tindakan preventif dan promotif untuk pengendalian penularan Covid-19. Selain itu, mereka akan terus mengawasi, membimbing, mengontrol, dan memantau pelaksanaan protokol kesehatan.

Pengarang : Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com