BERITA  

Jeje Wiradinata Siapkan Program Pencetakan 5000 Wirausahawan Baru di Pangandaran

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan Pemerintah Kabupaten Pangandaran sedang menyiapkan program pencetakan 5.000 wirausahawan baru.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Nantinya Pemkab Pangandaran akan menyiapkan pelatihan pengembangan minat dan bakat mereka melalui bidang industri kreatif,” kata Jeje.

Pelatihan dilakukan dalam bentuk teori dan praktik. Pelatihan yang dilakukan untuk berbagai bidang usaha yang memiliki peluang besar dan laku dipasaran.

“Nanti kita bimbing, termasuk pemasarannya. Di era digital peluang usaha sudah tidak dibatasi ruang, jarak dan waktu, karena semuanya dapat dilakukan secara online dimanapun,” terang Jeje.

Melalui pelatihan yang disiapkan pemerintah, terang Dia, diharapkan akan mencetak wirausaha dan menambah daya dongkrak perekonomian yang ada di Kabupaten Pangandaran.

Jeje mengatakan, gagasan tersebut dirancang Jeje Wiradinata setelah melihat kebutuhan mendasar masyarakat seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis dan pembangunan infrastruktur sudah merata di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Kebutuhan publik seperti sarana dan prasarana juga fasilitas umum hampir selesai dikerjakan selama 4 tahun saya menjadi Bupati Pangandaran,” kata Jeje.

Baca juga:  Menteri KP Mewisuda 70 Taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan

Hasil evaluasi, dari beberapa kegiatan pembangunan yang telah dikerjakan cukup baik dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“Akses transportasi sudah dirasakan semakin lancar sehingga roda perekonomian masyarakat meningkat,” tambahnya.

Waktu masih jalan jelek, masyarakat yang akan menjual hasil bumi kerap mengalami kendala dan waktu tempuh yang lama.

“Kalau dulu masih jalan jelek masyarakat yang menjual hasil bumi dari perkampungan ke kota sudah beruntung dapat kembali modal,” terang Jeje.

Mereka kata Jeje, kerap terkendala waktu dan kerusakan kendaraan saat melakukan pengiriman barang, tetapi sekarang sudah lancar tanpa kendala dan bisa mendapat keuntungan yang layak.

“Tetapi bagi saya, untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat Pangandaran tidak cukup sebatas pembangunan infrastruktur saja,” paparnya.

Jeje mengaku, masih banyak rancangan dan target yang sudah disiapkan untuk masyarakat Pangandaran kedepan agar perekonomiannya kokoh dan sejahtera.***