Jadi Venue FIBA World Cup 2023, Indonesia Arena Disanjung Habis Timnas Basket UEA dan Suriah : Okezone Sports

JAKARTA – Indonesia Arena yang akan jadi venue pertandingan FIBA World Cup 2023, disanjung habis oleh Timnas Basket Uni Emirat Arab (UEA) dan juga Suriah. Mereka kompak menyebut venue tersebut merupakan salah satu yang terbaik.

Hal ini disampaikan usai Timnas Basket UEA dan Suriah menjajal Indonesia Arena untuk pertama kalinya. Hal itu dilakukan pada Rabu 3 Agustus 2023 malam WIB.

Timnas Basket UEA

Timnas Basket UEA dan Suriah pun bertanding dalam laga kedua hari pertama Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) 2023. Laga itu digelar dalam rangka uji coba persiapan menuju gelaran FIBA World Cup 2023 yang akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 10 September 2023.

Dalam laga itu, Timnas Basket UEA dan Suriah berduel sengit selama empat kuarter. Kedua tim terus salip-menyalip kedudukan. Tetapi, Timnas Basket UEA akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 63-61.

Usai laga, Kapten Timnas Basket UEA, Jasim Mohamed Almaazmi, mengaku sangat bangga bisa mendapat kesempatan tampil di Indonesia Arena. Sebab, baginya ini merupakan kesempatan langka, bisa tampil di venue FIBA World Cup 2023.

Baca juga:  Matteo Darmian: Zanetti dan Maicon Telah Menginspirasi Saya

“Saya sangat senang bermain di sini, terakhir kali saya ke Indonesia sekira 17 tahun yang lalu, jadi sudah banyak yang berubah. Tapi, saya cinta dengan negara ini, walaupun baru dua hari berada di sini,” kata Jasim dalam konferensi pers pasca laga, Kamis (3/8/2023).

“Dan tidak setiap hari saya bisa pulang ke rumah dan bercerita ke keluarga saya, ‘Saya baru bermain di arena yang digunakan untuk Piala Dunia’, jadi ini merupakan kebanggaan yang luar biasa. Saya merasa sangat terhormat dan bangga ada di sini, melihat bagaimana bola basket berkembang di sini benar-benar menyenangkan,” tambahnya.


Follow Berita Okezone di Google News


Pujian untuk Indonesia Arena juga keluar dari mulut pelatih Timnas Basket Suriah, Javier Juarez Crespo. Juru taktik asal Spanyol itu menilai stadion berkapasitas 16.500 penonton itu merupakan salah satu arena basket terbaik yang pernah dia saksikan selama bertahun-tahun melatih di berbagai belahan dunia.

Baca juga:  Catat! Ini Tanggal Kehadiran realme 10 Pro 5G Coca-Cola® Edition di Indonesia

“Ini lapangan yang menakjubkan, jika dibandingkan dengan lapangan-lapangan di Eropa, ini salah satu arena yang luar biasa. Tahun lalu arena yang kami mainkan sudah sempurna (Istora Senayan) dan ini lebih bagus lagi. Jadi selamat untuk Indonesia,” jelas Crespo.

Timnas Basket Suriah

“Ini adalah salah satu arena terbaik yang pernah saya lihat dalam hidup saya,” imbuhnya.

Pelatih Timnas Basket UEA, Mounir Ben Slimane, pun senang bisa berlaga di Indonesia Arena. Dia juga bahagia melihat para pemainnya saat berlaga di venue baru itu, apalagi bisa mendapat hasil mengejutkan dengan mengalahkan Suriah yang notabenenya memiliki ranking yang cukup jauh di atas mereka.

“Pertama, kami sangat senang bisa berada di Indonesia dan mendapat undangan ini. Terlebih, kami menjadi bagian dari persiapan negara ini untuk menggelar event besar seperti FIBA World Cup 2023,” jelas Slimane.

“Tadi adalah pertandingan yang bagus untuk kami, semua pemain memulainya dengan sulit karena jetlag, tapi prosesnya sangat bagus, mereka bermain sangat baik pada akhirnya. Suriah adalah tim yang bagus, tapi saya bicara kepada pemain saya untuk terus berjuang hingga akhir dan kami bisa memenangkan pertandingan,” lanjutnya.

Baca juga:  CdM Tunggu Daftar Cabor dan Kontingen SEA Games 2023 dari Kemenpora

Selanjutnya, Timnas Basket UEA masih akan berlaga di Indonesia Arena. Mereka bakal bentrok dengan Timnas Basket Indonesia dalam laga kedua yang berlangsung pada Jumat 4 Agustus 2023.

Begitu juga dengan Timnas Basket Suriah yang akan kembali berlaga. Mereka bakal ditantang Indonesia Patriots.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.