ITS Buka Jalur Mandiri, Bisa Bebas Uang Pangkal kemudian Bisa Pakai KIP Kuliah

ITS Buka Jalur Mandiri, Bisa Bebas Uang Pangkal kemudian Bisa Pakai KIP Kuliah

Jakarta –  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, membuka beasiswa untuk jalur mandiri di penerimaan siswa baru 2024. Pendaftaran dibuka sejak 23 April hingga 31 Mei 2024.

Bila lolos seleksi mandiri beasiswa, calon mahasiwa tiada diperlukan membayar uang pangkal atau Iuran Pengembangunan Institusi (IPI). Partisipan bahkan bisa jadi mendaftar menggunakan Kartu Indonesi Pintar- Kuliah (KIP K)/

Dikutip dari web resmi ITS, Seleksi Mandiri Beasiswa adalah pola seleksi yang digunakan diselenggarakan oleh ITS secara mandiri untuk pelajar berprestasi yang berminat berkuliah pada ITS pada kegiatan Sarjana kemudian Sarjana Terapan. 

Seleksi ini menggunakan nilai rapor dan juga didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan juga non-akademik. Seleksi Mandiri Beasiswa Proyek Sarjana juga Sarjana Terapan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2022, 2023, juga 2024). 

Seleksi ini akan dibuka pada semua kegiatan studi yang mana terbagi pada 8 fakultas. Anggota seleksi dapat memilih secara langsung acara studi yang digunakan diminati, dengan maksimal 2 pilihan inisiatif studi. Daya tampung beasiswa ini sebanyak-banyaknya 2.817.

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa dikenakan Rupiah 250 ribu. Namun, Pendaftar dengan KIP Kuliah tiada dikenakan biaya pendaftaran, dengan ketentuan acara studi pilihan terakreditasi A atau Unggul.

Syarat Peserta

– Membuat/memiliki Akun myITS Admission;

– Warga Negara Tanah Air yang mana memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK);

– Lulus SMA/MA/SMK/sederajat atau kontestan didik Paket C tahun 2024, 2023, atau 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024);

– Tidak dinyatakan lulus jalur SNBP 2024 serta mengikuti ketentuan lalu pedoman Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, lalu Teknologi;

Baca juga:  Cari Beasiswa IT? Coba Program Dicoding Ini

– Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh ITS, diantaranya mempunyai kesegaran yang mana memadai sehingga tak mengganggu kelancaran rute studi.

Ketentuan Prestasi Seleksi Mandiri Beasiswa

Pendaftar Seleksi Mandiri Beasiswa wajib melampirkan minimal satu prestasi pada rute pendaftaran minimal satu dari kriteria pilihan prestasi.

Dalam langkah-langkah seleksi, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yg dibuktikan dengan dokumen prestasi, seperti sertifikat, piagam penghargaan, dan/atau surat rekomendasi dari lembaga terkait. 

Dokumen bukti prestasi yang dimaksud dapat diedit meliputi:

– Juara tingkat provinsi, nasional lalu internasional

– Olimpiade Sains

– Lomba Kompetensi Siswa

– Kejuaraan Olahraga

– Kompetisi Seni juga Desain

– Lomba Karya Tulis Ilmiah

– Penghafal Kitab Suci

– Pengalaman Organisasi (sebagai Badan Pengurus Harian, yakni Ketua, Wakil, Sekretaris, kemudian Bendahara)

Semua prestasi yang diunggah harus dilampiri bukti prestasi, yakni dengan sertifikat, piagam penghargaan, surat keterangan, atau surat rekomendasi dari Kepala Sekolah. Prestasi yang mana diunggah adalah prestasi individual atau kelompok dengan maksimal anggota grup 2 orang.

Pendaftaran Audien Seleksi Mandiri Beasiswa

Tata cara pendaftaran Seleksi Mandiri Beasiswa inisiatif Sarjana dan juga Sarjana Terapan dilaksanakan secara online melalui website ITS di dalam http://admission.its.ac.id/ dengan mekanisme sebagai berikut:

a. Bagi pendaftar baru, buat akun dengan registrasi akun MyITS Admission melalui laman http://admission.its.ac.id/. Sementara pendaftar yang tersebut telah memiliki akun, sanggup dengan segera lanjut log in. Angka yang penting disiapkan untuk menciptakan akun:

Baca juga:  Pendaftaran Beasiswa IISMA Model Patungan Buka hingga 22 April, Cek Persyaratannya

 – Nomor Induk Kependudukan, dan

 – Pas foto ukuran 4×6 dengan background warna biru atau merah, ukuran file maksimum 1024 kb kemudian resolusi minimum 64×64,

– Scan kartu identitas: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), dan

– Foto diri memegang kartu identitas.

b. Login ke akun MyITS Admission dengan menggunakan myITS ID (email terdaftar yang mana sudah ada diverifikasi) lalu password Anda.

c. Melakukan pendaftaran seleksi Seleksi Mandiri Beasiswa. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon partisipan harus menyiapkan:

– Kuantitas rapor semester 1 s/d 6

• untuk Seleksi Mandiri Beasiswa, cukup sampai semester 5 jikalau belum ada nilai rapor semester 6. Bagi pendaftar dari SMK berkurikulum 4 tahun, isi sampai semester 7 jikalau belum ada nilai rapor semester 8.

• Angka rapor adalah nilai pengetahuan. Kecuali mata pelajaran produktif pada SMK diisi nilai keterampilan.

• Angka matematika yang dimaksud dipakai adalah matematika peminatan bagi pendaftar dari jurusan IPA serta matematika umum bagi pendaftar dari jurusan selain IPA.

– Bukti Prestasi (bisa sebagai sertifikat, piagam, atau surat rekomendasi sekolah)

– Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah (sebagai bukti pendukung prestasi peringkat siswa, pengalaman organisasi di dalam sekolah, dan/atau prestasi lain yang tersebut belum ada sertifikatnya namun diakui sekolah, contoh format/template terbaru dapat diambil dalam sini)

– Deskripsi Diri/Motivation Letter, format bebas

– Portofolio Desain bagi pendaftar yang dimaksud memilih inisiatif studi Desain Layanan Industri, Desain Interior, dan/atau Desain Komunikasi Visual. Instruksi Kerja, Pernyataan Keaslian Karya, kemudian Template Pengumpulan Portofolio dapat diakses melalui tab Ketentuan.

Baca juga:  Kominfo Beri Beasiswa S2, Ini Syaratnya

d. Calon partisipan mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang tersebut ada secara benar. Usahakan pengisian secara urut pada isiannya, teristimewa pada tab Pendidikan. Semua informasi yang digunakan diisikan pada borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan di pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan pada ITS. Fakta perangkat lunak tidaklah dapat diubah setelahnya formulir selesai diisi serta disimpan permanen/difinalisasi.

e. Memilih kegiatan studi. Setiap calon partisipan dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) acara studi dari daftar inisiatif studi (urutan pilihan acara studi menyatakan prioritas pilihan).

f. Setelah dipastikan semua data benar, lakukan finalisasi. Audien akan mendapatkan Kode Pembayaran, kontestan dapat membayar biaya pendaftaran sesuai dengan petunjuk. Harap membayar biaya pendaftaran sebelum batas waktu pembayaran yang digunakan ditentukan. (Penting!: Biaya Pendaftaran bukan dapat ditarik kembali).

g. Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, login ke akun MyITS Admission untuk mengunduh Kartu Pendaftaran.

y. Calon kontestan melakukan penandatanganan Kartu Bukti Pendaftaran yang disebutkan pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang mana sudah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Partisipan Seleksi Masuk ITS Rencana Sarjana. Kartu ini harus disimpan dengan baik kemudian dibawa/diunggah pada waktu mendaftar ulang di mana partisipan telah lama resmi dinyatakan diterima.

Untuk info lengkap dapat mengawasi portal https://www.its.ac.id/admission/mandiri-beasiswa/#pendaftaran

Artikel ini disadur dari ITS Buka Jalur Mandiri, Bisa Bebas Uang Pangkal dan Bisa Pakai KIP Kuliah