Istana Negara Ajak Masyarakat Hadir Langsung Ikuti Peringatan HUT Kemerdekaan RI

MerahPutih.com- Warga dipastikan dapat mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin menuturkan, masyarakat dari berbagai daerah yang ingin melihat peringatan HUT ke-78 RI dapat datang secara langsung ke Monas.

Baca Juga:

Siap Tampil Catchy Sambut 78 Tahun Kemerdekaan Indonesia

“Di sana melibatkan masyarakat, jadi masyarakat boleh hadir di Monas dari mulai pukul 08.10 WIB (di Monas). Sementara di Istana sendiri acara akan dimulai Pukul 07.25 WIB yaitu mulai kesenian-kesenian,” katanya di Jakarta, Minggu (13/8).

Istana Kepresidenan pun akan menampilkan kejutan pada peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-78 mendatang. Hal ini membbuat persiapan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Bey mengatakan, persiapan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Terdapat sejumlah penampilan yang lebih menarik dan lebih banyak untuk untuk perayaan hari kemerdekaan tahun ini.

“Perayaan kali ini akan melibatkan lebih banyak masyarakat, terutama di Monas. Ada beberapa musik yang mengajak kita bergembira. Saya rasa ini akan menarik sekali, dan juga demo (atraksi) udara akan lebih panjang dan lebih bervariasi,” kata Bey.

Baca juga:  Honkai: Star Rail versi 1.2 live streaming akan hadir Sabtu ini

Bey menjelaskan, rute yang akan dilalui pasukan kirab budaya akan lebih panjang, yaitu memutari patung kuda arjuna sebelum menuju Istana. Sehingga masyarakat dapat lebih menikmati pertunjukkan kirab budaya.

Baca Juga:

Santap Menu ‘Ini Rasa Kita’ untuk Sambut Kemerdekaan

Adapun rangkaian acara pada upacara di Istana akan dimulai pada pukul 07:25 WIB. Pihak istana juga menyiapkan sejumlah videotron atau layar lebar yang bisa ditonton masyarakat.

Bey mengatakan Upacara peringatan HUT RI tahun ini banyak mengangkat tema Ibu Kota Nusantara (IKN). Beberapa ornamen pada panggung yang disiapkan juga menggunakan desain IKN.

“Memang temanya kan tema IKN, dari mulai di depan, tempat foto kan udah IKN,” kata Bey.

Pihak Istana Kepresidenan menyiapkan sedikitnya 8 ribu undangan bagi masyarakat untuk mengikuti secara langsung upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Presiden 17 Agustus 2023.

Sebanyak 8 ribu undangan itu disiapkan baik bagi yang akan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi pada pagi hari maupun bagi yang akan mengikuti upacara penurunan bendera Merah Putih di sore hari di Istana Presiden. (Knu)

Baca Juga:

Ancol Kasih Potongan Tiket 50 Persen Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI



Source link