Ini Alasan Timnas Indonesia Hanya Main Sekali di FIFA Matchday September

Para pemain timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum pertandingan matchday FIFA melawan Argentina (Foto: Sportsstars.id/Hadi Febriansyah)

JAKARTA – Presiden PSSI Erick Thohir mengatakan tim Indonesia hanya akan bermain satu kali dalam perjalanan FIFA di bulan September. Hal ini disebabkan padatnya jadwal timnas senior Indonesia dan kelompok umur di akhir tahun.

Putaran FIFA pada September akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 12. Biasanya, Skuad Garuda –julukan Skuad Indonesia– cenderung bermain dua kali dalam pertandingan FIFA Matchday.

Erick Thohir menyebut mayoritas pemain timnas senior Indonesia sebenarnya terdiri dari pemain muda dan ia juga membela timnas berdasarkan kelompok usia seperti U-23. Hal ini membuat tim senior Indonesia dan tim U-23 harus berbagi waktu dengan jadwal padat masing-masing.

Timnas Garuda Muda – Julukan Timnas U-23 Indonesia bertepatan dengan FIFA Journey juga akan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 mulai 4 hingga 12 September 2023. Karena itu, PSSI tidak bisa memaksakan realisasi dua pertandingan dalam FIFA Journey.

“Di Timnas Indonesia banyak pemain U-23. Artinya, kami akan ludes pada 8 September melawan Turkmenistan,” ujar Erick Thohir di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

“Kami memang tidak bisa mengisi dua pertandingan yang biasa. Ada Kualifikasi Piala Asia U-23 di Solo. Pertandingan akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT),” imbuhnya.

Sejauh informasi yang beredar, tim besutan Shin Tae-yong itu berada di peringkat 150 FIFA. Peringkat turun satu tempat dari 149 berdasarkan hasil putaran FIFA bulan Juni.

Dalam hasil matchday FIFA bulan Juni di Indonesia, Marselino Ferdinand dan kawan-kawan tidak menang. Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Palestina dan kalah 1-2 dari Argentina.

Penerbit: Coro Montana

Ikuti berita Sportsstars di berita Google