Gadget  

India Desak Apple Gunakan USB Type-C di Semua Produknya

India mengikuti langkah Uni Eropa untuk memaksa Apple menggunakan USB Type-C sebagai port standar pengisian baterai pada seluruh produknya.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Urusan Konsumen, Pangan & Distribusi Publik, Rohit Kumar Singh, di mana pemerintah India dan swasta telah mengadakan pertemuan membahas masalah ini.

India sebenarnya sudah merencanakan hal ini pada 2019 lalu. Namun sekarang mereka melanjutkan proposal itu setelah mengatakan akan berkonsultasi, dan memperkenalkan seperangkat undang-undang serupa.

Apabila hal ini berjalan sesuai rencana, India bakal jadi negara pertama di luar Uni Eropa yang menerapkan penggunaan USB Type-C untuk produk Apple pada 2024 mendatang.

Apple sempat menentang aturan Uni Eropa dengan alasan mengganggu inovasi dan juga menambah sampah elektronik. Namun perlahan mereka mulai memakai USB Type C di Mac dan iPad.

Kabarnya, iPhone 15 tahun depan bakal memakai USB Type-C yang berbeda. iPhone 15 Pro dan 15 Pro max yang bakal mendukung standar USB kekinian, setidaknya USB 3.2 atau bahkan Thunderbolt 3.