BERITA  

Idul Adha 1441 Hijriah, Pemkab Pangandaran Siapkan 8 Hewan Kurban

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Pemerintah Kabupaten Pangandaran, pada Idul Adha 1441 Hijriah, melaksanakan pemotongan hewan kurban di halaman kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Drs. Kusdiana, menyampaikan, pada Idul Adha tahun ini Pemda Pangandaran melaksanakan pemotongan hewan kurban berupa 2 ekor sapi, 5 ekor domba dan 1 ekor kambing.

“Alhamdulillah, tahun ini kami bisa melaksanakan kembali kurban yang dibagikan kepada masyarakat,” ujar Kusdiana, usai menyaksikan pemotongan hewan kurban, Jumat (31/7/2020).

Kata Kusdiana, sebelum pemotongan, semua hewan kurban telah diperiksa kesehatan oleh dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pangandaran.

“Alhamdulillah jumlah hewan kurban tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Kusdiana.

Ditempat terpisah petugas Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Rosania mengatakan, sudah satu bulan pihaknya melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi hewan-hewan kurban di bandar yang tersebar di seluruh kecamatan sebelum pelaksanaan pemotongan hewan kurban saat perayaan Idul Adha 1441 Hijriah.

“Kita lakukan pemeriksaan kesehatannya. Kita juga memberikan vitamin agar tidak terserang cacing hati sehingga pada saat pemotongan kondisinya sehat dan layak dikonsumsi,” ujar Rosania.

Baca juga:  Sudah Kampanye di 85 Desa, Juara Optimis Visi Misi Tersampaikan

Kata Rosania, sebagai sample ada 400 ekor sapi dan 10 kambing yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Pangandaran sudah dilakukan pemeriksaan.

Begitu juga hewan kurban yang dipotong di lingkungan Pemda Pangandaran kata Rosania, Sebelumnya disembelih dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Alhamdulillah sehat semua tidak ada yang terserang cacing hati,” ujar Rosania.

Namun Dirinya mengakui, hewan untuk kurban yang didatangkan dari luar Pangandaran tidak dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

“Karena kalau hewan kurban dari luar Pangandaran datangnya sudah dekat pada hari H, sehingga tidak sempat diperiksa kesehatannya,” ujar Rosania.

Dirinya mengatakan, dari hasil pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang berasal dari Pangandaran dalam kondisi sehat.

“Syarat untuk hewan kurban itu adalah sudah cukup umur, sehat dan tidak cacat,” pungkasnya.***