[HOAKS atau FAKTA]: Tommy Soeharto Ajak Seluruh Warga Jateng Dukung Anies Baswedan

MerahPutih.com– Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim Tommy Soeharto mengajak seluruh warga Jawa Tengah untuk mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Dalam gambar pratinjau video, disebutkan bahwa Tommy menggelar deklarasi akbar untuk memberi dukungan penuh kepada Anies.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Tunjuk Hotman Paris Jadi Pengacara Hadapi Rocky Gerung

FAKTA

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai deklarasi akbar yang digelar Tommy Soeharto seperti yang tertera pada klaim.

Dalam video berisi cuplikan kegiatan melibatkan Tommy yang tidak memiliki kaitan dengan klaim.

Narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel Sindonews dengan judul “Jaman Deklarasi Dukung Anies Baswedan di Kampung Nelayan.”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Mahfud MD Resmi Jadi Pimpinan Ponpes Al-Zaytun

Dalam artikel yang diunggah pada 30 Juli 2023 tersebut berisi tentang sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Jaringan Anies Mania (Jaman) mendeklarasikan dukungan untuk bakal calon presiden Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Baca juga:  Dukung KTT ASEAN, PLN sediakan 108 mobil pengisian listrik di Labuan Bajo

Deklarasi mereka digelar di Kampung Nelayan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu 30 Juli 2023.

KESIMPULAN

Tidak ada informasi mengenai deklarasi akbar yang digelar Tommy Soeharto untuk mendukung Anies Baswedan. Narasi dalam video justru menjelaskan deklarasi dukungan yang dilakukan oleh Jaman (Jaringan Anies Mania). (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Justin Bieber Bawakan Lagu Loneliness Ciptaan Putri Ariani



Source link