[HOAKS atau FAKTA]: Saat Blusukan, Ganjar Diteriaki ‘Anies Presiden’

MerahPutih.com – Kanal Youtube “POLITIK INDONESIA” mengunggah video dengan klaim Ganjar dibanjiri teriakan Anies presiden saat blusukan.

FAKTA

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pelaku Penjegalan Anies Baswedan Menyerahkan Diri

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari detik.com dengan judul artikel “Relawan Gelar Jambore di Brebes, Anies: Kabupaten Miskin Ekstrem di Jateng”.

Thumbnail yang menampilkan sosok Ganjar Pranowo sedang berada di tengah kerumunan orang-orang yang dinarasikan sedang blusukan, faktanya thumbnail tersebut identik dengan artikel milik detik.com dengan judul artikel “Ganjar Lari Pagi di Gasibu, Warga Ucapkan Selamat Datang ‘Pak Presiden’.

Saat itu Ganjar Pranowo melakukan olahraga pagi bersama warga Bandung di Lapangan Gasibu, Kota Bandung pada Minggu 14 Mei 2023.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Megawati Batalkan Ganjar Jadi Capres PDIP

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Ganjar Pranowo sedang menyapa warga sekitar, video identik diunggah kanal Youtube Liputan6 dengan judul artikel “Momen Ganjar Pranowo Blusukan Ke Pasar Anyar Bahari Jakarta Utara, Langsung Dikerubungi Warga”.

Baca juga:  Ditonton Presiden Jokowi, Anthony Ginting: Terima Kasih Spesial untuk Bapak!

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Ganjar dibanjiri teriakan Anies presiden saat blusukan adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Ganjar dibanjiri teriakan Anies presiden saat blusukan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jutaan Buruh Lengserkan Jokowi dari Istana



Source link