[HOAKS atau FAKTA]: Anies Disambut Ribuan Orang di Bandung

MerahPutih.com – Kanal Youtube POLITIK INDONESIA mengunggah video dengan klaim ribuan orang sambut Anies Baswedan di Bandung.

FAKTA

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Ganjar Pranowo Ditangkap Polisi karena Kasus Korupsi dan Suap KPK

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kbanews.com dengan judul artikel “Berawal dari Bandung, Anies Baswedan Merangkul Anak Muda Menyongsong Perubahan”.

Thumbnail yang menampilkan sosok Anies Baswedan sedang bertemu dengan warga yang dinarasikan berada di Bandung, faktanya thumbnail tersebut identik dengan artikel milik kbanews.com dengan judul artikel “Sambut Kedatangan Anies Baswedan, Relawan Siap Anies-kan Tasikmalaya dan Ciamis Jawa Barat”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Anies Baswedan yang berada di tengah kerumunan video tersebut identik dengan milik kanal Youtube CNN Indonesia dengan judul video “Safari Politik Perdana Anies Baswedan, Disambut Ribuan Warga Medan”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Mahasiswa Demo Lagi Tuntut Jokowi Turun

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa ribuan orang sambut Anies Baswedan di Bandung adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

Baca juga:  Disambut Positif, ALOMEDIKA Jadi Medsosnya 90 Ribu Dokter di Indonesia

KESIMPULAN

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan.

Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa ribuan orang sambut Anies Baswedan di Bandung. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pelaku yang Ingin Habisi Anies Ditangkap



Source link