SEPUTARPANGANDARAN.COM – Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran menerima penghargaan sebagai Peringkat satu Kategori Desa Wisata Maju tingkat nasional, pada Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019.

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di Sleman Yogyakarta, Selasa, 10 Desember 2019.

Lomba ini diselenggarakan oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Ketua Bumdes Desa Kertayasa Teten Sutarjo mengatakan, Desa Kertayasa memang memiliki banyak keunggulan dibanding desa- desa lainnya di Pangandaran.

“Kita punya wisata alam Green canyon yang keindahanya sudah mendunia. Selain itu kami juga punya seni budaya lokal yang unik seperti Seni Angklung, Seni Benjang Batok dan Seni Badud. Jadi selain body rapting kami juga terus memajukan seni budaya yang ada disini, untuk daya tarik wisatawan,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, pihaknya fokus pada sektor pariwisata, termasuk dana desa pun digelontorkan untuk sektor pariwisata.

“Dengan dinobatkannya desa kami menjadi juara satu desa Wisata Nusantara, semoga menjadi motivasi agar kami lebih bisa berbenah untuk memajukan desa ini,” ungkapnya.

Sementara Plt Kepala Desa Kertayasa Muhtar Kajidin menfaku terharu dengan ditetapkannya desanya menjadi juara satu Desa Wisata Nusantara tingkat nasional.

“Terima kasih kepada Bupati Pangandaran yang telah menyempatkan hadir dan mendampingi kami dalam menerima penganugrahan ini,” ucapnya.

“Dengan dinobatkannya desa kami menjadi juara satu Desa Wisata Nusantara tingkat nasional, kami mendapatkan bantuan angaran sebesar Rp.400 juta dari kementerian desa dan tambahan Rp.20 juta untuk infrastruktur,” terangnya.

Muhtar pun menyampaikan, akan mengalokasikan dana desa di tahun anggaran tahun 2020 untuk penataan wisata. (*)