Hati-hati Jebakan Diskon Belanja Online Akhir Tahun!

  • Bagikan
Hati-hati Jebakan Diskon Belanja Online Akhir Taun!
Hati-hati Jebakan Diskon Belanja Online Akhir Taun!

Kegiatan berbelanja online memang praktis sekaligus menyenangkan. Apalagi menjelang akhir tahun ini beragam toko online tetap menawarkan diskon setiap harinya.

Berbagai promo dan diskon memang membantunamun sebagai seorang konsumen, kamu tetap perlu waspada karena tidak selamanya potongan harga atau diskon tersebut bisa menguntungkan dari sisi konsumen.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips agar terhindar dari jebakan diskon saat kamu berbelanja online.

1. Jenis promo dan ketentuan

Besaran diskon memiliki maksud yang berbeda-beda. Sebagai contoh, diskon 30 persen namun harus membeli minimal Rp200 ribu. Seperti juga promo cashback di mana tidak diberikan secara langsung, melainkan lewat uang digital dan nominalnya biasanya juga tak besar.

Perhatikan besaran diskon dan pastikan dulu sebelum membayarnya karena banyak konsumen yang akhirnya terpaksa melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan perkiraan.

2. Tidak semua produk berkualitas

Ada beberapa alasan mengapa produk tersebut dijual dengan potongan harga. Produk tersebut bisa saja merupakan stok lama yang ingin segera dihabiskan. Beberapa produk yang lain kemungkinan memiliki kekurangan atau cacat produksi di bagian tertentu sehingga harganya bisa lebih rendah.

Baca juga:  Zoom Uji Coba Tampilkan Iklan ke Pengguna Gratis

Namun ada juga produk yang memang memiliki kualitas yang meyakinkan. Maka dari itu, kamu harus lebih teliti mengecek kualitas dari produk yang ingin kamu beli.

3. Bandingkan beberapa harga produk

Tak jarang, penjual telah menaikkan harga produk sebelum memberikan harga diskon. Maka dari itu, untuk menghindari pembelian produk yang ternyata memiliki harga yang sama saja baik didiskon maupun tidak, bandingkan harga produk di berbagai toko.

4. Pilih merek yang sudah lama dipakai

Merek atau brand populer biasanya memiliki kualitas yang lebih baik. Maka dari itu, ketika ada diskon meskipun produk lama, kemungkinan untuk mendapatkan kualitas terbaik pun masih tetap besar. Selain itu, memilih produk dengan merek yang sudah lama dipakai juga sangat menguntungkan meskipun diskon yang diberikan lebih kecil karena kamu sudah tahu kualitas dari merek tersebut.

5. Perhatikan testimoni dari berbagai toko

Setiap toko memiliki penawaran diskon atau promo yang berbeda-beda. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mengunjungi beberapa toko. Tidak hanya untuk membandingkan harga, melihat testimoni atau review dari berbagai produk juga upaya mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

Baca juga:  Waspada dan Kenali 5 Modus Penipuan Online di Indonesia

6. Pertimbangkan, Keinginan atau Kebutuhan?

Sebelum berbelanja, pastikan apakah barang dibeli apakah sebuah kebutuhan atau sekedar keinginan? Jika tidak, kondisi keuangan akan seret. Mengingat kondisi keuangan seharusnya dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari yang secara otomatis mengalami peningkatan karena lebih banyak di rumah.

7. Penawaran Diskon Akan Selalu Ada

Bagi kamu suka belanja online, pasti tidak asing dengan berbagai penawaran diskon yang diberikan penjual. Karena setiap momen atau bulan, biasanya penjual memberikan diskon untuk menarik pembeli.

Maka tak perlu terburu-buru untuk membeli barang jika karena tawaran “diskon hanya berlaku hari ini”.

8. Kenali Kondisi Keuangan

Harus disadari bahwa mengenali kondisi keuangan dalam beberapa waktu ke depan sangat diperlukan. Apakah keuangan mendapatkan keuntungan dari adanya wabah atau justru sebaliknya seperti terkena dampak negatif seperti berupa dirumahkan, penghasilan usaha menurun atau bahkan ada yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)?

Apalagi PPKM darurat belum pasti akan dicabut, untuk itu ketika melihat diskon sekalipun ada baiknya kamu berpikir berkali-kali.

Baca juga:  Inilah Satu-satunya Sedan yang Dapat PPnBM 0%, Diskonnya Paling Besar

© Akurat.co

  • Bagikan