BERITA  

Hajat Laut Pangandaran, Wayang Golek Giri Harja 3 Putra Akan Tampil Malam Ini

PANGANDARAN, (SP) – Ribuan warga Pangandaran dan wisatawan lokal maupun asing, memadati Pantai Timur Pangandaran. Mereka antusias menyaksikan moment tahunan Hajat Laut Minggu (1/9/2019) siang tadi.

Dengan tema ‘Mari Berhijrah Menuju Pribadi yang Bertaqwa dan Berakhlakul Karimah,’ hajat laut kali ini bertepatan dengan tanggal 1 Syura dan merupakan ungkapan syukur para nelayan Pangandaran atas rezeki dari hasil tangkapan di laut selama ini.

Ribuan warga antusias menyaksikan Hajat Laut di Pantai Timur Pangandaran

Kegiatan yang sudah berlangsung turun temurun ini dikolaborasikan dengan berbagai kegiatan keagamaan.

Acara diawali dengan karnaval, itigozah dilanjutkan dzikir bersama, kemudian tausiyah dan tabur bunga. Selain itu, ditampilkan pula berbagai kesenian tradisional yang menjadi daya tarik warga dan wisatawan.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, acara tahunan ini bentuk syukuran terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan berkah serta keselamatan terhadap nelayan.

“Hajat laut ini biasanya dilaksanakan pada Jumat Kliwon di awal bulan Muharam, namun sekarang ditetapkan pada tanggal 1 Muharam,” katanya usai tabur bunga.

Jeje menyebutkan, pihaknya tengah mendorong nelayan menjadi bagian yang utuh dari pengembangan wisata.

Baca juga:  Pemkab dan DPRD Pangandaran Lakukan Study Banding, Ini 3 Poin yang Dipelajari

“Pantai ditata dengan bagus, tapi nelayan juga diberi uang dalam rangka memperkuat penataan wisata sebagai tujuan wisata berkelas dunia.”

“Insya Alloh dengan kebersamaan yang kami bangun selama ini, Pangandaran akan semakin hebat” sebutnya.

Sementara itu Ketua Pelaksan Kegiatan Fuad Husen menyampikan, bahwa malam ini menjadi puncak acara dengan menampilkan pagelaran Wayang Golek semalam suntuk.

“Malam ini akan ada pagelaran Wayang Golek, Giri Harja 3 Putra dengan Dalang Yogaswara Sunandar Sunarya, mulai pukul.20.00 WIB,” pungkasnya. (*)