Ganti ban serep saat perjalanan pulang kampung, berikut langkah-langkahnya

KabarOto.com – Musibah seperti ban kempes di tengah perjalanan tidak bisa diprediksi, sehingga sebagai pemilik mobil yang hendak pulang dengan kendaraan pribadi, harus bisa mengganti ban cadangannya jika terjadi keadaan darurat.

Berikut langkah-langkah aman mengganti ban serep yang wajib kamu lakukan sahabat KabarOto. “Sebenarnya mengganti ban sendiri tidak sulit asalkan tahu cara, urutan dan perlengkapan yang diperlukan,” ujar Alan Budi Nurhady, Kepala Bengkel Daihatsu Karawaci.

Nyalakan lampu hazard saat menepi.


Baca Juga: Mesin Bisa Gelitik Karena Oktan Bahan Bakar Terlalu Rendah Sob!

lampu peringatan

Matikan lampu peringatan agar pengendara lain tahu ada masalah dengan mobil teman KabarOto. Saat menepi ke lokasi yang lebih aman untuk mengganti ban.

mempersiapkan peralatan

Siapkan alat untuk mengganti ban, pasang segitiga pengaman pada jarak aman untuk memperingatkan pengendara lain. Kemudian turunkan ban serep dan siapkan perlengkapan lainnya seperti dongkrak dan kunci baut roda.

Kendurkan Sekrup

Setelah semuanya siap, kendurkan sekrup sebelum mengangkat mobil, lakukan dengan urutan menyilang dan bukan searah jarum jam. Dan jangan melonggarkan sekrupnya.

Baca juga:  9 Potret Kelakukan Kurang Ajar saat Berjumpa Mobil Google Maps, Bikin Emosi Memuncak

Pencurian mobil

Setelah baut mengendur anda bisa mengangkat dongkrak dan ingat jangan asal pasang dongkrak saja. Ada tumpuan yang telah disediakan di setiap mobil. Pastikan dongkrak lurus dan permukaannya rata.

“Monyet itu harus dalam posisi lurus. Karena kalau menyamping, dikhawatirkan dongkrak akan menopang dengan sempurna, dan dongkrak bisa jatuh saat mobil dalam posisi terangkat”, ujar Alan.

Lepaskan ban kempes

Setelah mobil didongkrak, lepaskan sekrup dan pastikan Anda meletakkannya di tempat yang aman agar tidak hilang. Kemudian ban kempes diletakkan dalam posisi tidur, sebaiknya di bawah mobil. Tujuannya agar ban tidak menggelinding dan sebagai antisipasi jika dongkrak jatuh, tumpuan tertahan di ban kempes.

Baca juga: Mobil Sudah Lama Tidak Dipakai Perlu Ganti Oli? inilah jawabannya

pasang ban serep

Setelah semuanya aman, pasang ban serep dan pasang baut roda dengan urutan menyilang agar roda terpasang dengan pas. Pada tahap ini tidak perlu mengencangkan sekrup, tenaga tangan sudah cukup.

Urutan pengencangan baut roda.

Turunkan dongkrak dan kencangkan sekrupnya

Baca juga:  Pemprov DKI Angkat Bicara Soal Absennya Heru Budi saat Rapat Paripurna dengan DPRD

Setelah memasang sekrup, lepas ban kempes dari kolong mobil. Kemudian turunkan dongkrak secara perlahan, setelah mobil menyentuh tanah, kencangkan baut roda menggunakan pengunci roda dengan urutan menyilang. Mengapa bautnya dikencangkan saat mobil menyentuh tanah? Agar roda tidak berputar saat berada di KabarOto, kencangkan sekrupnya.

Hemat ban kempes dan rapikan peralatan

Langkah terakhir: Rakit alat, dongkrak, segitiga pengaman, dan kunci roda pada tempatnya. Kemudian simpan ban kempes di lokasi ban serep. Pastikan tidak ada peralatan yang tertinggal.