Gadget  

Fitur Sleep Monitoring Galaxy Watch 6 Series , Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur dengan Mudah

Jakarta, Gizmologi – Perangkat wearables seperti smartwatch memang dirancang sebagai alat pendukung atau perpanjangan tangan dari smartphone, memudahkan penggunanya dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan segudang fitur pemantauan kesehatan, fitur sleep monitoring kini coba ditingkatkan oleh Samsung lewat Galaxy Watch 6 Series terbarunya.

Hadir bersama dengan duo smartphone foldable terbaru, Galaxy Watch 6 Series tampil sebagai penawaran terbaru, membawa salah satu fitur kunci yang sempat absen di generasi sebelumnya. Selain versi standar yang tampil identik, hadir Galaxy Watch 6 Classic dengan bezel yang bisa diputar—menjadi penerus seri Watch 4 Classic sebelumnya.

Selain itu, Samsung juga memperbarui fitur pemantauan kesehatannya, termasuk Sleep Monitoring alias fitur untuk memantau kualitas tidur. Lewat versi One UI terbaru, pengguna sudah tidak perlu mengakses smartphone demi melihat skor atau kualitas tidur mereka. Sekaligus mendapatkan saran terbaik agar ke depannya bisa meningkatkan kualitas tidur lewat masukan yang diberikan.

Baca juga: Galaxy Tab S9 Series Kini Semakin Premium, Visual Lebih Baik & Tahan Air

Kualitas tidur yang optimal memang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Menanggapi fakta tersebut, Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia menjelaskan bila Galaxy Watch 6 Series hadir dengan sejumlah peningkatan fitur khusus pemantauan kualitas tidur. “Pengguna bahkan bisa seolah memiliki sleep coach pribadi dengan memanfaatkan fitur Sleep Coaching yang dipersonalisasi.”

Baca juga:  Tiga Fitur ini Bikin Fouad WhatsApp Jadi WA Mod yang Menarik

Dalam sebuah kesempatan daring (3/8), Vishal Dasani selaku Sleep Educator memberikan sejumlah tips yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas tidur mereka—sembari menggunakan Galaxy Watch 6 Series. Apa saja?

Memahami Pola Tidur Lewat Sleep Insights

Vishal Dasani, Sleep Educator dan Author Sleep Healing Menjelaskan Pengalaman Menggunakan Sleep Coaching pada Galaxy Watch6 Series
Vishal Dasani, Sleep Educator dan Author Sleep Healing Menjelaskan Pengalaman Menggunakan Sleep Coaching pada Galaxy Watch6 Series

Menurut paparan Vishal, manusia perlu konsisten melakukan tidur yang sesuai dengan kondisi tubuh dan pola hidup. Memahami pola tidur bisa dilakukan sebagai langkah pertama dalam meningkatkan kualitas tidur, supaya dapat mengidentifikasi aspek tidur mana yang harus dibenahi dengan kekurangan yang ada.

Fitur Sleep Monitoring pada Galaxy Watch 6 Series bisa membantu kamu untuk memahami pola tidur lebih jauh. Beberapa di antaranya dengan memantau fitur pemantauan kadar oksigen dalam darah sampai mendeteksi dengkuran, untuk mengetahui insight tidur.

Disebut sleep monitoring karena Galaxy Watch 6 Series tidak hanya menampilkan durasi tidur saja, namun semua data yang berhasil ditangkap dari berbagai sensor di dalamnya diolah untuk hasilkan Sleep Score. Menyajikan ringkasan dari seluruh data, termasuk evaluasi kualitas tidur—yang juga dipengaruhi oleh data seperti usia, jenis kelamin, sampai tahapan tidur (light sleep, deep sleep & REM sleep).

Baca juga:  Rina Marlina Tak Menyangka Bisa Raih Emas di Spanish Para Badminton International Toledo 2023

Sleep Monitoring Untuk Menjaga Konsistensi Tidur

Sleep Monitoring Galaxy Watch 6 Series - 001

Dengan menggunakan Galaxy Watch 6 Series setiap tidur, kualitas tidur bisa terus terpantau setiap harinya, demi mengetahui pola tidur selama beberapa hari. Hal ini mampu mendorong kamu untuk lebih konsisten tidur di jam-jam optimal.

Termasuk dalam jenis perangkat smart wearable, Galaxy Watch 6 Series bisa dihubungkan dengan sejumlah perangkat smart home lainnya, yang terintegrasi di SmartThings. Seperti mengatur lampu nyala/mati, sampai mengendalikan AC. Untuk smartphone, bisa mengatur sleep routine supaya tidak memunculkan notifikasi aplikasi di proses tidurmu.

Memanfaatkan Fitur Sleep Coaching

Sleep Monitoring Galaxy Watch 6 Series - 001

Langkah selanjutnya yang bisa diterapkan, adalah memanfaatkan fitur Sleep Coaching untuk membentuk kebiasaan tidur lebih baik. Fitur ini bakal memberikan masing-masing pengguna Galaxy Watch 6 Series program terpersonalisasi dengan panduan dan jangka waktu tertentu.

“Penting untuk tetap melakukan sleep monitoring secara rutin. Ini adalah awal dari perubahan pola tidur menjadi lebih baik melalui Sleep Coaching. Proses ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang berkelanjutan selama 7 hari pertama,” jelas Vishal.

Baca juga:  Puan Bahas Isu Nasional di Pertemuan 'Serba 2' dengan Jokowi

Galaxy Watch 6 Series sudah bisa didapat secara preorder hingga 17 Agustus 2023, baik secara daring di situs resmi Samsung maupun sejumlah e-commerce lainnya. Harga Galaxy Watch 6 dibanderol mulai Rp3,999 juta, sementara untuk versi Classic mulai dari Rp5,499 juta. Tentu tersedia bonus tambahan selama masa pre-order, seperti gratis travel adapter 15W sampai cashback dengan pembelian perangkat Samsung terbaru lainnya.