Gadget  

Fanboy Apple Asal Cina Memodifikasi iPhone menjadi Ponsel Lipat

Ponsel lipat merupakan tren yang berkembang di pasar smartphone saat ini. Sejumlah vendor ponsel Android sudah mengadopsi konsep lipat dan mencoba peruntungan dengan menjual perangkat tersebut.

Sebut saja Xiaomi, Oppo, Vivo hingga Huawei yang turut mengembangkan smartphone lipat sebagaimana Samsung.

Lain dengan beberapa vendor ponsel di atas, Apple hingga kini belum juga mengadopsi smartphone lipat meskipun sejumlah rumor menyebutkan bahwa Apple memiliki rencana untuk mengembangkan perangkat tersebut.

Tanpa menunggu ponsel lipat dari Apple, seorang fanboy Apple asal China justru memodifikasi iPhone menjadi ponsel lipat.

Setelah memiliki form factor lipat, tampilannya jadi seperti Motorola Razr atau Samsung Galaxy Z Flip. Lantas bagaimana caranya?

Secara teknis penggemar Apple sekaligus youtuber itu mempreteli iPhone miliknya dan mempelajari bagaimana daya tahan layar iPhone, apakah memungkinkan bila dimodifikasi menjadi ponsel lipat.

Setelah berulang kali melakukan percobaan ia kemudian memasang engsel dari Motorola Razr agar bodi iPhone jadi fleksibel.

Setelah menemukan “ramuan” yang tepat, youtuber itu menata kembali sejumlah komponen iPhone dan memasangnya dengan cara dimodifikasi. Komponen baterai misalnya dimodifikasi menjadi hanya berkapasitas 1.000 mAh.

Baca juga:  Cara Mudah Registrasi Kartu Telkomsel Baru 2023

Selain itu, satu speaker juga dilepas dan beberapa komponen seperti komponen untuk MagSafe dipangkas.

Hal itu dilakukan untuk menghemat ruang dan agar ketika perangkat dilipat, komponen iPhone tetap berjalan normal tanpa kendala.

Setelah melakukan percobaan dan gagal hingga ratusan kali, pada akhirnya youtuber itu sukses membuat iPhone lipat bergaya Motorola Razr. Ponsel hasil modifikasinya ini disebut sebagai iPhone V.

Ketika dijajal, layarnya juga bisa merespons sentuhan dengan cukup baik. Youtuber itu bahkan memasang program khusus agar iPhone lipatnya bisa tampil dengan antarmuka lipat.

Kendati terbilang berhasil, belum diketahui seberapa lama layar iPhone lipat itu mampu bertahan. Sebab, layar iPhone bukan didesain untuk ponsel lipat.

Bukan iPhone, Apple siapkan tablet lipat

Sejauh ini bocoran iPhone lipat belum lagi muncul ke publik. Alih-alih iPhone, bocoran baru menyebutkan bahwa Apple akan menghadirkan iPad lipat pada tahun 2024.

Kabar ini berasal dari The Elec yang mendengar bocoran dari seorang sumber di Samsung Mobile. Disebutkan bahwa pihak Samsung Mobile melakukan pertemuan dengan pemasok pada Oktober lalu untuk membahas pasar smartphone.

Baca juga:  Penyimpanan OnePlus 11R dan Pilihan Warna Bocor, Spesifikasi Juga Muncul

Dalam pertemuan itu, perwakilan Samsung menduga bahwa Apple akan mengumumkan perangkat lipatnya dua tahun lagi. Akan tetapi, perangkat yang dimaksud adalah tablet atau laptop, bukan ponsel.

Dugaan ini juga diperkuat oleh laporan dari firma riset CCS Insight. Firma riset itu menyebutkan bahwa meluncurkan iPhone lipat sangat berisiko bagi Apple untuk saat ini, sehingga lebih ideal bila Apple bereksperimen dengan iPad lipat.

Meski belum terbukti, analis CCS Insight menduga bahwa perangkat lipat Apple nantinya akan dijual seharga 2.500 dollar AS (Rp 39,2 juta), dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Kamis (10/11/2022).