BERITA  

Cegah Virus Corona, Peserta Rapat di Pangandaran Diperiksa Suhu Tubuh

Perserta rapat dipemeriksa suhu tubuh dan diberikan hand sanitiser (cairan pembersih tangan) oleh petugas sebelum memasuki ruangan rapat.

SEPUTARPANGANDARAN.COM Pencegahan Covid – 19 terus dilakukan. Setidaknya nampak terlihat saat menggelar Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Pangandaran terkait Antisipasi Virus Covid-19, bertempat di Aula Setda Pangandaran, Senin 16 Maret 2020.

Perserta rapat tidak luput dari pemeriksaan suhu tubuh dan diberikan hand sanitiser (cairan pembersih tangan) oleh petugas sebelum memasuki ruangan pertemuan. Tanpa terkecuali, pada Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran juga mendapat perlakuan serupa.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, setiap kali ada pertemuan rapat, pihaknya mewajibkan untuk lebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan diberikan cairan pembersihan tangan.

“Setiap ada pertemuan kita antisipasi, paling tidak dengan termal atau pengukur suhu badan, dan juga menyiapkan hand sanitiser,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Pangandaran ini menegaskan, pemeriksaan suhu tubuh dan pembersihan mengunakan cairan ini juga akan diwajibkan disetiap perkantoran.

“Pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, sebagaimana keputusan Presiden RI nomor 7 tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona,” kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, kata Jeje, telah membuat Surat Edaran memerintahkan seluruh Kepala Sekolah jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Pangandaran, untuk melaksanakan kegiatan belajar dengan metode jarak jauh atau secara online, mulai tanggal 16 sampai 29 Maret 2020.

Selanjutnya, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah agar menghentikan kegiatan kunjungan kerja ke luar daerah, kecuali kegiatan  yang mendesak.

Selanjutnya menunda sementara kegiatan-kegiatan yang melibatkan pengerahan massa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

“Apabila ada kegiatan rapat atau pertemuan harus ada sterilisasi, pemeriksaan suhu tubuh, dan hand sanitizer,” tambahnya.

Selain itu, kata Jeje, seluruh pelaku usaha, termasuk hotel agar menyediakan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan hand sanitizer.

Jeje juga mengimbau seluruh warga masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dengan membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (*)