Gadget  

Cara Flash HP Samsung Semua Tipe, Dijamin Anti Ribet

Cara Flash HP Samsung Semua Tipe, Dijamin Anti Ribet

JAKARTA – Sebagian pengguna ponsel Samsung yang tersebut mengalami kendala di area software mencoba memperbaiki sendiri. Caranya dengan metode flashing alias update software. Lantaran itu cara flash HP Samsung semua tipe berbagai dicari.

Sebenarnya adabeberapa cara untuk melakukan software update pada Samsung Galaxy bermacam tipe. Antara lain melalui Over-The-Air (OTA), Samsung SmartSwitch di PC, juga melalui metode Flashing (ODIN). Melansir web resmi Samsung, Mulai Pekan (13/5/2024) metode flashing sedikit lebih lanjut teknis, namun melakukan software update dengan flashing sangat mudah.

Flashing dikenal sebagai langkah-langkah install software secara keseluruhan pada Samsung Galaxy . Kelebihannya, update dengan metode ini sangat praktis sebab mendapatkan size file yang dimaksud kecil.

Software update yang dimaksud diambil belaka bagian yang mana diubah atau ditambah, bukanlah software secara keseluruhan. Minim interupsi ketika serangkaian unduh juga berpengaruh pada keutuhan software tersebut. Alih-alih mengunduh sebagian kecil dari software, metode Flashing akan mengunduh kemudian meng-install keseluruhan software, sehingga metode ini juga bisa jadi meringankan resikobugskarena update.

Baca juga:  One UI 6.1 Bakal Bisa Digunakan HP Jadul Samsung, Hal ini Daftarnya!

Secara rinci, berikut cara flash HP Samsung semua tipe:

1. Temukan nomor model juga kode wilayah ponsel

Dua hal kecil, namun penting yaitu menemukan nomor model dan juga kode wilayah negara ponsel yang dimaksud digunakan (Kode CSC). Untuk mendapatkan nomor model Galaxy, cukup bukaSettings>About Phone> Lihat padaModel Number. Abaikan tulisan “/DS” apabila tertera. Untuk kode negara Indonesia, kode Region yang dimaksud digunakan adalahXID. Namun apabila menggunakan Galaxy versi luar negeri, dapat menemukannya diSettings>About Phone>Software Information> TemukanService Provider Software Version.

2. Unduh Firmware kemudian ODIN

Langkah berikutnya, mengunduh firmware official Galaxy melalui SamMobile, SamFrew, SamFW atau SamFirm sekaligus mengunduh ODIN via komputer.

Untuk proses unduh firmware melalui website, langkah pencarian firmware tiada terpencil berbedam Setelah mengunduh SamFirm, jalankan aplikasiSamFirm. Pada kolomModel, masukkannomor modelyang Galaxymu gunakan. Kemudian isiRegiondenganINDONESIA (XID).
Apabila sudah, klikCheck Update. Apabila update tersedia, cukup klikDownload.
Karena file yang tersebut ke download besar lalu tergantung pada kecepatan internet, pengguna dapat mengawaitu sambil melakukan aktivitas yang mana lain.

Baca juga:  Segera Rilis, Ini adalah Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 6 lalu Z Flip 6

Apabila langkah-langkah unduh selesai, biasanya muncul lima file, di dalam antaranya diawali dengan kataAP,BL,CP,CSC, danHOME_CSC. Selain itu, pada aplikasi mobile SamFirm akan menunjukkan kata “Operation Done”.Maka dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Proses Flashing

Buka aplikasi mobile ODIN. Masukkan firmware yang dimaksud telah lama diunduhsesuai pada kolom yang tersedia. Tetaplah mengawaitu apabila ODIN sempat Not Responding pada waktu rute memasukkan file (berhubung file yang tersebut digunakan sangat besar) masukkan Galaxymu keDownload Modedengan mengikuti langkah berikut:

Sambungkan kabel data ke PCtanpa menyambungkannya ke Galaxy terlebih dahulu

Tekan kemudian tahanVol. UpdanVol. Downsecara bersamaan

Artikel ini disadur dari Cara Flash HP Samsung Semua Tipe, Dijamin Anti Ribet