Cara Download Video di TikTok dan Instagram

  • Bagikan

SEPUTARPANGANDARAN.COM – Di zaman yang serba digital mengabadikan momen tidak hanya dengan cara menjepret, namun berbagai tips untuk mengambil video dari Instagram dan TikTok.

Jika ingin menangkap layar berbentuk video di kedua media sosial itu, pengguna dapat melakukan berbagai cara. Bisa melalui rekaman tangkapan layar yang tersedia di ponsel, atau dengan mengunduh filenya.

Pada aplikasi TikTok, pengguna disajikan menu untuk mengunduh materi berupa video yang dipilih. Berikut cara download video dari TikTok yang dapat dilakukan di Android dan dari iOS.

Cara download video di TikTok:

– Buka aplikasi TikTok

– Lalu pilih video yang ingin didownload

– Pilih logo ‘kirim’ yang berada di bawah kolom komentar

– Setelah diketuk, maka tampilan akan berubah dan ketuk ‘simpan video’

– Tampilan akan berubah dan menawarkan Anda untuk menyimpan video di beberapa platform. Untuk menyimpan ke perangkat, maka pilih ‘lainnya’

– Ketuk simpan video

– Secara otomatis video tersebut ada di galeri ponsel Anda.

Berbeda dengan TikTok, sejauh ini aplikasi Instagram belum menyediakan fitur unduh pada video yang di unggah baik itu pada Feeds, atau Instagram Stories. Jadi pengguna harus mencari cara lain untuk download video yang dipilih.

Kini tersedia beberapa cara untuk mendownload video dari Instagram. Cara downloadnya yakni menggunakan dua cara, baik melalui aplikasi pihak ketiga atau melalui website yang diakses melalui browser.

Berikut cara download video dari Instagram melalui situs:

– Buka situs https://en.savefrom.net/download-from-instagram

– Copy link dari postingan Instagram yang ingin didownload

– Paste link pada kolom yang disediakan

– Lalu klik tombol download dan Anda akan diberikan pilihan resolusi video yang akan diunduh

– Jika sudah download, maka nanti situs akan meminta lokasi kepada Anda untuk meletakan video yang sudah diunduh.

Usai mengetahui cara download video Instagram melalui situs, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengunduh video menggunakan aplikasi. Pengguna dapat mengunduhnya di iOS dan Android. Berikut aplikasi yang bisa digunakan di iOS.

Download video Instagram untuk iOS:
Untuk download video dari Instagram di iOS, pengguna dapat menyematkan aplikasi Blaze. Aplikasi ini dapat diunduh melalui toko aplikasi resmi, App Store.

Menggunakan aplikasi ini terbilang cukup mudah. Pengguna hanya menyalin tautan pada postingan yang hendak didownload, lalu tautan tersebut ditempel pada kolom link di aplikasi Blaze.

Setelah ditempel, Anda perlu mengetuk tombol unduh, lalu pili opsi untuk ‘Ekspor video ke Rol Kamera’. Lalu video yang dipilih ada di galeri ponsel jika sudah didownload.

Selain menggunakan aplikasi Blaze, pengguna iOS juga dapat mengunduh video melalui beberapa aplikasi, yaitu;
– Downloader for Instagram
– InSaver
– Story Saver
– Video Downloader for Instagram
– DownloadGram

Download video Instagram untuk Android
Untuk pengguna Android, ada beberapa opsi untuk mengunduh video Instagram, termasuk menggunakan salah satu layanan berbasis web yang telah disebutkan.

Namun ada juga aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah. Salah satu opsi tersebut adalah Video Downloader for Instagram. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store secara gratis.

Dikutip Techradar, untuk menggunakanya Anda harus mengunduh dan instal aplikasi tersebut di smartphone Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih file yang ingin didownload.

Pada postingan yang ingin didownload ketuk tombol tiga titik di kanan atas posting> pilih ‘Salin Tautan’> Beralih ke aplikasi Video Downloader for Instagram> pilih opsi tempel dan video akan tersimpan pada ponsel Anda.

Selain menggunakan Video Downloader for Instagram, pengguna juga dapat mengunduh video melalui beberapa aplikasi, yaitu;
– Saver Reposter For Instagram
– Quick Save
– Instaget
– Downloader for Instagram

Itulah cara mendownload video dari Instagram dan TikTok melalui aplikasi dan melalui situs. Lakukan cara ini dengan bijak, dan sesuai dengan aturan kebijakan dan privasi masing-masing aplikasi.

Sumber : CNN

  • Bagikan