Connect with us

Berita

Bunda Baca Tingkat Kecamatan se Kabupaten Pangandaran Resmi Dilantik

Published

on

Bunda Baca Kabupaten Pangandaran, Hj. Ida Nurlaela melantik dan mengukuhkan Bunda Baca tingkat Kecamatan se Kabupaten Pangandaran, di Pangandaran Creative Space, Sabtu (9/3/2019) siang tadi.

Hj Ida Nurlaela mengatakan, dengan dilantiknya bunda baca di tiap kecamatan diharapkan mampu mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat.

“Tentu keberadaan Bunda Baca akan menjadi motivator bagi anak-anak kita untuk gemar membaca dan menulis,” ungkap Ida.

Ida Nurlaela menambahkan, pihaknya berharap orangtua terutama Bunda Baca harus mengajak anak-anaknya membaca ke perpustakaan. Perpustakaan menjadi gudang ilmu yang memiliki berbagai catatan melalui buku yang ada.

“Mari kita tunjukan kepada warga Indonesia bahwa masyarakat Kabupaten Pangandaran memiliki hobi gemar membaca dan menulis. Hal ini tentu untuk meningkatkan kemampuannya sehingga memiliki ilmu yang cukup untuk menggugah generasi inovatif,” katanya.

Ida menyatakan keyakinannya jika Bunda Baca tingkat kecamatan dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

“Ibu-ibu lebih dekat dengan keluarga sehingga program Bunda Baca sangat tepat untuk mempercepat minat baca dan menulis masyarakat,” ujarnya.

Ida Nurlaela pun berpesan agar, sebagai isteri pejabat di tingkat kecamatan harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut berkiprah dalam mencerdaskan generasi muda.

Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengakui minat baca masyarakat di Kabupaten Pangandaran masih rendah. Maka upaya membangkitkan minat baca yang dimotori para bunda baca perlu didukung semua pihak.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran, lanjut Jeje, sedang berencana membangun Rumah Baca yang representatif dan nyaman di tiap kecamatan.

“Kita upayakan ada di tiap Kecamatan sehingga masyarakat dapat memanfaatkan buku untuk meningkatkan kemampuannya melalui membaca,” kata Jeje.

“Harapan kami ini akan juga menjadi wahana bagi semua untuk terus meningkatkan kemampuannya terutama anak-anak,” ujarnya. (Iwan Mulyadi)

4 Pembaca

Silahkan berkomentar