Bukan Susy Susanti, Ini Satu-satunya Pebulu Tangkis Putri Indonesia Juara Indonesia Masters : Okezone Sports

JAKARTA – Bukan Susy Susanti, sosok ini ternyata menjadi satu-satunya pebulu tangkis putri Indonesia yang berhasil juara Indonesia Masters. Sosok yang dimaksud adalah Adriyanti Firdasari.

Sepanjang kariernya, Susy telah merengkuh berbagai gelar bergengsi baik di level individu maupun tim. Tercatat, perempuan kelahiran Tasikmalaya itu pernah merebut medali emas Olimpiade 1992 Barcelona dan sekali juara dunia pada 1993.

Susy Susanti

Lalu, Susy tercatat lima kali menjadi juara Indonesia Open. Prestasi membanggakan itu diraihnya pada 1989, 1991, 1994, 1995, 1996, dan 1997. Akan tetapi, dia tidak pernah tampil di ajang Indonesia Masters.

Sebab, turnamen berlevel Super 500 itu baru digelar pada 2010. Sementara itu, Susy sendiri memutuskan gantung raket alias pensiun pada Oktober 1999.

Namun, Indonesia Masters sendiri awalnya mengusung nama Indonesia Open Grand Prix Gold pada 2010-2013. Namun, titel turnamen kemudian diubah menjadi Indonesia Masters pada 2014.

Baca juga:  Jadwal Liga Europa 2022-2023 Malam Ini: Sporting Lisbon akan Jadi Batu Sandungan Arsenal ke Perempat Final

Alhasil, Susy tidak pernah tampil di turnamen tersebut. Namun, ada satu sosok tunggal putri Indonesia yang pernah menjadi juara di ajang tersebut.


Follow Berita Okezone di Google News


Sosok itu adalah Adriyanti. Dia menjadi juara Indonesia Masters 2014 setelah menaklukkan Ruselli Hartawan di babak final dua gim langsung 21-14 dan 21-14.

Bahkan, ketika itu, Indonesia menempatkan empat wakil sekaligus di babak semifinal. Adriyanti harus menghadapi Elyzabeth Purwaningtyas, sementara Ruselli menantang Maria Febe Kusumastuti. Ahasil, Indonesia dipastikan meraih juara sejak empat besar.

Adriyanti Firdasari

Hingga detik ini, itu adalah satu-satunya keberhasilan tunggal putri Indonesia menjuarai turnamen Indonesia Masters. Setelah itu, tidak ada lagi yang pernah meraih titel juara.

Baca juga:  Indonesia Kembali Waspada KLB Flu Burung dengan Potensi Zoonosis

Bahkan, tidak ada lagi tunggal putri Indonesia yang mampu melaju hingga babak semifinal! Tentu hal tersebut patut dicermati oleh PBSI dan pelatih tunggal putri Indonesia sebelum menatap turnamen Indonesia Masters 2024.


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.